Kroasia lolos ke putaran final Piala Dunia dengan kemenangan 1-0 atas Rusia

Kroasia lolos ke putaran final Piala Dunia dengan kemenangan 1-0 atas Rusia

GebyareuroKroasia memastikan tempat otomatis untuk putaran final Piala Dunia tahun depan dengan cara yang dramatis ketika gol bunuh diri Fedor Kudryashov memberi mereka kemenangan kandang 1-0 atas Rusia dalam kualifikasi Grup D yang sulit pada hari Minggu.

Kroasia yang menjadi runner-up Piala Dunia 2018, melangkahi Rusia untuk memuncaki klasemen dengan 23 poin dari 10 pertandingan, satu poin lebih banyak dari peringkat kedua Rusia yang akan melaju ke babak playoff Maret nanti.

Baca Juga: WATFORD MEMECAT PELATIH KEPALA XISCO SETELAH MENERIMA KEKALAHAN DARI LEEDS

Kroasia mendominasi pertandingan yang dimainkan dalam hujan lebat, tetapi serangkaian penyelamatan bagus oleh kiper tamu Matvei Safonov dan lapangan yang tergenang air menahan mereka sebelum sentuhan kikuk Kudryashov pada menit ke-80 menyenangkan para penggemar tuan rumah.

Membutuhkan hasil imbang untuk lolos, Rusia bertahan dengan semua orang di belakang bola dan menyerap tekanan kuat saat Kroasia mengepung gawang mereka tetapi gagal menciptakan peluang bersih.

Andrej Kramaric langsung menuju Safonov pada menit kesembilan sebelum Marcelo Brozovic melepaskan dua upaya jarak jauh, satu melebar beberapa inci dan yang lainnya menarik penyelamatan akrobatik dari penjaga gawang yang berkunjung.

Safonov menggagalkan sundulan Mario Pasalic dari jarak dekat dengan penghentian yang luar biasa pada menit ke-47 dan tim Rusia itu tampak seperti tuan rumah dan kering sebelum mereka gagal karena kesalahan Kudryashov.

Dengan gelombang serangan Kroasia kehilangan momentum di lapangan yang sulit, bek kiri Borna Sosa melayangkan umpan silang penuh harapan dari kiri dan Kudryashov memasukkan bola ke gawangnya sendiri setelah memantul dengan canggung di depannya.

Rusia melewatkan satu-satunya kesempatan mereka untuk menyelamatkan permainan dari gerakan fasih pertama mereka di menit akhir, tembakan Vyacheslav Karavaev melambung di atas mistar dari jarak 18 meter.