Zorc : Dortmund Tak Memiliki Niat Awal Untuk Mempermanenkan Michy Batshuayi

michy batshuayi, Chelsea, Borussia Dortmund

Michy Batshuayi Borussia Dortmund

Borussia Dortmund telah berhasil memboyong striker dari Chelsea pada bursa trasfer Januari kemarin Michy Batshuayi namun dengan status pinjaman hingga akhir musim. Namun menurut direktur olahraga Michael Zorc, klubnya hanya menggunakan Batshuayi sebagai pemain sementara saja dan tak ada niat awal untuk mempermanenkannya.

Batshuayi merupakan pemain jebolan dari akademi klub sepak bola asal Belgia yaitu Standard Liege, dimana pada sejak tahun 2011, ia dipromosikan di tim utama. Namun setelah menghasilkan 44 gol di 120 pertandingan semua kompetisi Belgia, Ia di rekrut oleh Marseille dimusim panas 2014 lalu.

Ia pun mampu tempil cemerlang di Prancis sehingga membuat Chelsea tertarik untuk memboyongnya, apalagi setelah mencetak 33 gol dalam 78 pertandingan yang melibatkannya di semua kompetisi.

Namun sayangnya keberadaanya di  Stamford Bridge tak begitu membuat pelatihnya Antonio Conte melirik dirinya, dimana menit bermainnya semakin sedikit yang membuat jumlah gol yang ia ciptakan juga semakin berkurang. Tercatat tengah pertama kampanye musim ini, dari 53 pertandingan di semua kompetisi di Inggris, ia hanya menciptakan 19 gol saja.

Namun menjelang waktu penutupan bursa transfer Januari kemarin, Ia tiba pada sebuah kesepakatan pinjaman enam bulan dari Chelsea untuk dapat membantu Dortmund mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan striker andalannya yaitu Pierre-Emerick Aubameyang menuju Emirates Stadium, dengan dana besar.

Zorc pun selaku direktur olahraga Dortmund mengungkapkan alasannya kepada media Jerman, Der Westen, tentang keputusan klub untuk memberikan status pinjaman kepada Batshuayi, dan mengatakan, “Kami tidak ingin mengeluarkan jutaan dolar pada pemain baru nomor 9 di bawah tekanan,” .

Zorc menambahkan, “Kami membuat keputusan sadar untuk pinjaman karena pasar sangat ketat di musim dingin. Kami melihat beberapa penyerang. Michy Batshuayi adalah solusi yang sangat bagus.”.

Hal ini berarti, pemain internasional Belgia  itu akan kembali ke Stamford Bridge di musim panas, sambil berharap ia rutin dimainkan di Signal Iduna Park, dan bisa lolos seleksi timnas dan dimainkan di Piala Dunia 2018 Rusia.

Sementara Dortmund tidak ingin menghabisan dana jutaan dolar untuk pemain lini depan mereka, namun klub berseragam hitam kuning itu tetap membuat penandatanganan baru di bursa transfer Januari kemarin untuk mendapatkan pemain bertahand ari FC Basel yaitu Manuel Akanji.