Tottenham 0-0 Liverpool

Liverpool berjuang keras untuk mengamankan satu angka

Klopp Sang Sumber Inspirasi

Masa pemerintahan Jurgen Klopp sebagai manajer Liverpool dimulai dengan hasil imbang yang diraih dengan susah payah melawan Tottenham di White Hart Lane.

Manajer asal Jerman itu mengawasi pertandingan pertamanya sejak menggantikan Brendan Rodgers yang dipecat – dan ia akan melihat banyak hal yang akan membuatnya senang ketika Liverpool berjuang keras untuk mengamankan satu angka. Liverpool seringkali menunjukkan permainan menekan dengan intensitas tinggi yang menjadi tuntutan Klopp, tapi itu kiper Simon Mignoletlah yang melakukan paling banyak usaha untuk memastikan histeria yang disebabkan oleh kedatangan manajer baru tidak ternodai oleh kekalahan.

Mignolet melakukan penyelamatan luar biasa untuk mengagalkan usaha dari pemain pengganti Spurs, Clinton Njie dan Harry Kane untuk mencetak gol di setiap babak dan tampak jauh lebih sibuk dari kiper tim lawan, Hugo Lloris. Liverpool juga memiliki peluang untuk meraih kemenangan saat striker asal Belgia Divock Origi, yang tampil menggantikan Daniel Sturridge yang kembali cedera, mengenai tiang gawang dengan sebuah sundulan di awal pertandingan, tetapi tidak ada pihak yang bisa memecahkan kebuntuan.

Dan ekspresi Klopp di peluit akhir menyiratkan ia puas dengan 90 menit pertamanya sebagai manajer baru Liverpool.

Inspirasi Klopp

Pemain Liverpool akan mendengar banyak dari Klopp – dan tidak hanya di tempat latihan di markas Melwood mereka. Pria asal Jerman berusia 48 tahun itu berkeliaran di daerah teknisnya hanya beberapa sentimeter dari lapangan untuk memberikan dorongan bagi para pemainnya, terutama ketika mereka berada dalam jarak yang memungkinkan untuk mendengar ucapannya. Mereka tidak bisa mengharapkan ada jeda dari tuntutannya.

Klopp terkenal untuk gayanya yang penuh semangat dan sudah tampak jelas bahwa rekan senegaranya Emre Can adalah seseorang yang dapat ia percaya untuk menghasilkan hal-hal besar setelah karir yang penuh warna bersama Liverpool sejauh ini. Pemain asal Jerman berusia 21 tahun tersebut telah lebih banyak bermain di posisi bek kanan dan bek tengah daripada berperan di lini tengah yang menjadi posisi tetapnya ketika ia tiba dari Bayer Leverkusen dalam kesepakatan senilai 10 juta Pounds pada tahun 2014.

Jadi sangatlah penting bahwa Can, yang telah dipelajari oleh Klopp di Bundesliga, segera dimainkan di lini tengah dan menanggapi dengan energi dan komitmen yang membawa persetujuan secara teratur dari manajer barunya.