Toni Kroos : Bundesliga lebih Kompetitif Dibandingkan Di Ligue 1

Toni Kroos, Real Madrid, bundesliga, ligue 1

Toni Kroos Real Madrid

Belum lama ini, pemain internasional Jerman Toni Kroos, membandingkan persaingan yang terjadi di Ligue 1 dan Bundesliga. Menurutnya, Liga Prancis kurang memiliki daya saing yang adil, walaupun saat ini Bayern Munich juga cenderung mendominasi kompetisi di Jerman.

Ia pun mengungkapkan sebelum ia bermain dalam ajang pertandingan persahabatan antara Jerman dengan Prancis dimana Ia membuat istilah “pergi ke Paris Saint-Germain atau Anda tidak pergi ke sana”. Ini berarti jika ingin sukses di Prancis, maka jadilah pemain di PSG dibandingkan klub lainnya, walaupun mereka sempat melepaskan gelar juara pada musim lalu ketangan rivalnya, AS Monaco.

Namun kini PSG kembali lagi duduk di peringkat atas papan klasemen dengan 32 poin dari 12 pertandingan yang tak terkalahkan, dan mereka sangat ingin merebut kembali gelar Ligue 1 dari Monaco bahkan ingin kembali perkasa di Liga Champions.

Bahkan demi mewujudkannya, klub ibukota Prancis tersebut membuat mulut ternganga saat bursa transfer terakhir, dimana mereka memecahkan rekor transfer termahal di dunia untuk menandatangani Neymar dari Barcelona seharga 222 juta euro, sementara juga mengemas Kylian Mbappe dari Monaco dengan kesepakatan pinjaman yang dipastikan akan menjadi permanen untuk biaya penebusan 180 juga euro, musim depan.

Leonardo Jardim dan pasukannya sendiri, masih kuat membayang-bayangi PSG menunggu momen lengahnya raksasa Prancis dikemudian hari. Mereka  kini duduk diperingkat dua, terpaut empat poin dari PSG dengan tak memboroskan dana yang terlalu berlebihan. Meskipun demikian, Kroos masih melihat satu kekuatan dominan di Prancis.

Dan bintang Real Madrid itu mengungkapkan bahwa Bundesliga adalah kompetisi yang lebih kredibel dibandingkan Ligue 1.

“Liga Prancis tidak buruk, pada umumnya,” ungkap Kroos kepada wartawan pada sebuah konferensi pers pada hari Senin lalu. “Tapi cukup jelas siapa yang menang liga pada akhirnya. Entah Anda pergi ke Paris Saint-Germain, atau Anda tidak pergi ke sana. Sementara Bundesliga adalah liga yang kuat dan tempat yang baik untuk pergi (meningkatkan karir). Seseorang akan cenderung merekomendasikan Bundesliga.”.

Dengan hadirnya Oryx Qatar Sports Investments yang menguasai sejak 2011 lalu, mereka cenderung menyedot pemain berkualitas, bahkan tanpa memikirkan harga yang wajar, seperti kehadiran Neymar dan Mbappe.