Swedia 2-1 Denmark

Swedia menang tipis pada leg pertama

kapten Zlatan Ibrahimovic mencetak gol kedua

Forsberg 45 ‘
Ibrahimovic 50 ‘(pen)

Jørgensen 80 ‘

Swedia menang tipis pada leg pertama pertandingan babak play-off Euro 2016 melawan saingan mereka Denmark.

Emil Forsberg mencetak gol dengan penyelesaian yang baik di babak pertama sebelum ia dilanggar di kotak penalti yang dimanfaatkan dengan baik oleh kapten Zlatan Ibrahimovic untuk mencetak gol kedua di pertandingan tersebut – yang merupakan gol pertamanya melawan Denmark. Tapi Denmark membalas mencetak yang gol sangat berharga ketika Nicolai Jorgensen menusuk ke gawang lawan di tiang jauh. Hasil ini akan membuat leg selanjutnya di Kopenhagen pada 17 November berjalan dengan ketat.

Pertandingan pada hari Selasa mendatang itu akan menjadi pertemuan ke 105 antara rival kedua tim rival dari Skandinavia dan bisa menjadi pertandingan terakhir untuk pelatih Denmark, Morten Olsen. Ia tampil dalam 102 pertandingan selama karirnya sebagai pemain dan telah melatih Denmark sejak tahun 2000, mencapai final dalam empat kompetisi utama, tetapi mengumumkan pada awal tahun bahwa kampanye Euro 2016 akan menjadi yang terakhir baginya. Pertandingan tampak berjalan tidak menguntungkan baginya di satu titik, tetapi timnya bangkit kembali setelah membalas satu gol dan Swedia yang harus bertahan di akhir pertandingan.

Pertandingan yang dilangsungkan di Friends Arena di Solna itu dimulai dengan lambat, tapi kiper Leicester, Kasper Schmeichel membuat penyelamatan yang brilian untuk megagalkan upaya Marcus Berg di pertengahan babak pertama setelah striker Panathinaikos itu berhasil mengambil umpan silang Oscar Lewicky. Berg seharusnya bisa membawa tuan rumah unggul lebih dulu di menit ke 30 setelah Ibrahimovic berhasil memberikan operan kepadanya. Tetapi tendangan sang striker maasih jauh melebar dari gawang lawan.

Nicklas Bendtner memiliki kesempatan untuk memanfaatkan kecorobohan yang dilakukan tim Swedia tersebut, tetapi tidak bisa mencetak gol walaupun telah mendapat bola dari Christian Eriksen yang menempatkan dia dalam posisi yang brilian. Itu merupakan kesempatan terbaik di babak pertama untuk Denmark, dengan Forsberg secara luar biasa menyambut umpan tarik Mikael Lustig untuk mencetak gol pembuka.