Rooney Tuntut Lini Belakang MU Tingkatkan Performa

wayne rooneyWayne Rooney menuntut timnya tak lagi membuang angka di laga tandang andai masih ingin mencapai target musim ini. Dia menyebut hasil seri 3-3 melawan Newcastle United tidak bisa diulang lagi oleh Manchester United di laga selanjutnya.

United sempat unggul dua kali atas tuan rumah sebelum akhirnya The Magpies mampu memaksakan hasil akhir 3-3. Sekarang Setan Merah harus tertahan di urutan enam klasemen sementara Liga Primer Inggris, terpaut 9 poin dari sang pemuncak klasemen Arsenal.

Kegagalan Setan Merah mengalahkan Newcastle dinilai Rooney adalah akibat tak seimbangnya antara saat menyerang dan bertahan. Tiga gol yang bersarang ke jala David de Gea membuat Wazza amat kecewa.

“Setelah memimpin dua gol, kami mendominasi laga dan lalu membiarkan mereka bangkit. Kami menciptakan gol ketiga dan kemasukan lagi, hal itu sangat mengecewakan,” kata Rooney, seperti dilansir The Guardian.

“Situasi seperti ini tidak boleh terjadi di setiap laga. Maka kami harus memperbaiki performa tanpa kemasukan gol di laga tandang,” ujar pemain berusia 30 tahun ini.

Menurut penyerang asal Inggris ini, United akan sia-sia bikin banyak gol bila tetap kebobolan. Masalah yang harus segera diselesaikan timnya kini adalah aspek pertahanan.

“Kami harus membuat tim ini seimbang, tetap membuat peluang, mencetak gol dan menjaga lawan supaya tidak bikin gol,” terang mantan pemain Everton ini.

Tercatat The Red Devils hanya meraih dua kemenangan dari 11 laga terakhir di seluruh ajang. Sang manajer, Louis van Gaal, mengakui bila para pemainnya tampil monoton ketikga menghadapi Newcastle. Bahkan sampai terdengar nyanyian “Serang, serang, serang”, dari tribun suporter United.