Ronaldo Jadi Eksekutor Utama

Cristiano Ronaldo

Meskipun ketidakberhasilan Ronaldo dalam mengonversi penalti kalah melawan Austria. Manajer Portugal, Fernando Santos, tetap mempercayai Cristiano Ronaldo melakoni eksekutor penalti utama timnya.

Kala pertandingan melawan Islandia dengan hasil skor imbang 0-0, nama Ronaldo kembali jadi sorotan usai dia melepaskan banyak peluang begitu saja. Salah satunya adalah dihadiahi penalti di menit ke-79 yang sesungguhnya dapat membawa Portugal memimpin.

Sialnya, Ronaldo tidak berhasil mengonversi penalti tersebut dan malah terkena tiang gawang dan dia pun jadi penggawa Portugal pertama yang gagal mensukseskan eksekusi 12 kali kala di sebuah kompetisi besar.

Wajar saja kalau Ronaldo kemudian dikomentari habis-habisan karena dinilai tidak berhasil membawa Portugal berperforma dengan oke meski dia amat diandalkan oleh negaranya. Biarpun begitu, Santos selaku manajer Portugal tetap mempercayai Ronaldo. Malahan Santos mengatakan jika timnya dihadiahi penalti di waktu normal, maka Ronaldo tetap menjadi eksekutor utama.

“Kalau ada penalti di laga yang akan datang, Cristiano Ronaldo tetaplah dia yang mengeksekusinya dan dia bakal menciptakan gol,” ujar Santos.

“Dia terbiasa menciptakan banyak gol, dia adalah sang juara dan dia juga merespon baik disaat dia melakukan kesalahan. Itulah yang kami harapkan darinya,” lanjutnya.

Tidak hanya rekor penaltinya yang jelek musim ini, Ronaldo juga ditampilkan atas fakta bahwa dia belum mampu mencatat gol dari tendangan bebas di sebuah turnaen besar, walaupun memiliki lebih dari 40 peluang.

“Ronaldo selalu ingin mengeksekusi free kick dan memang itu harus menjadi jatahnya. Kalau Raphael tidak mencetak gol, tidak ada yang membahas ini.”

“Kami tampil sangat baik saat kontra Austria tanpa menciptakan gol dan kami harus tetap pertahankan. Kami menjadikan Austria, tim peringkat 10 dunia, bermain seolah tim kecil,” tutupnya.

Kini, Ronaldo punya tanggung jawab berat membawa Portugal dalam menundukkan Hongaria di laga terakhir Grup F untuk dapat lolos ke babak 16 besar.