Robert Pires Resmi Gantung Sepatu

robert piresBerakhir sudah kiprah sepakbola profesional yang panjang Robert Pires. Eks bintang Arsenal serta tim nasional Prancis itu memilih untuk gantung sepatu pada usianya yang sudah 42 tahun.

Kali terakhir Pires memperkuat sebuah klub adalh FC Goa dari Liga Super India pada Maret 2015. Sesudah itu Pire sama sekali belum merumput di lapangan hijau.

Melihat usianya yang terbilang uzur dan juga kondisi fisik yang tidak sekuat dulu lagi, Pires pun memutuskan untuk gantung sepatu.

“Saya sudah mencapai usia 42 tahun dan ini saat yang pas untuk menghentikan semua, pengalaman terakhir saya bermain di India. Setelah itu lebih penting memberikan kesempatan bagi pemain muda,” ujar Pires seperti dikutip Soccerway.

Pires sendiri memulai kiprah profesionalnya bersama klub Prancis, Metz, di musim 1993. Lima musim berselang ia menyeberang ke Olympique Marseille dan berkarier selama dua tahun di sana.

Sosok Pires lantas mulai dikenal banyak orang saat dirinya membela Arsenal dari tahun 2000 sampai 2006. Selama enam tahun bertahan di klub tersebut, Pires mempersembahkan dua titel Premier League, tiga gelar Piala FA, dan finalis Liga Champions 2006.

Selama berseragam Tim Gudang Peluru, Pires sendiri bermain di 274 pertandingan dengan catatan 79 gol serta 30 assist. Sesudah itu ia menyeberang ke Villarreal dan bertahan selama empat musim.

Namun sayang di klub itu ia lebih banyak menghabiskan waktu di ruang perawatan karena cedera lutut serius sehingga dirinya sulit mencapai performa terbaik. Ia tampil sebanyak 128 kali mengkoleksi 18 gol serta 15 assist.

Kemudian Pires pulang ke Inggris untuk membela Aston Villa dan sempat istirahat selama tiga musim sebelum merumput lagi di Liga India bersama FC Goa.