Ranieri Ingin Menjadi Pelatih Timnas Italia Selanjutnya

Pelatih Nantes saat ini yaitu Claudio Ranieri, telah mengungkapkan keinginannya untuk mengelola tim nasional negaranya, Italia. Ia pun rela melepaskan klub yang diasuhnya saat ini, bahkan ia sendiri akan meminta sang Presiden untuk dibebaskan dari jabatannya di Prancis jika dia ditawari pekerjaan tersebut.

claudio ranieri italy national Team

Claudio Ranieri menuju timnas Italia?

Memang saat ini timnas Italia tak memiliki pelatih utama lagi setelah kepergian Gian Piero Ventura yang gagal membawa Azzurri unutk lolos ke babak qualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia. Pasalnya mereka kalah saat menghadapi Swedia dengan agregat tipis 1-0 dan ini adalah kedua kalinya Italia tidak lolos babak kualifikasi setelah mengalami hal yang sama pada Piala Dunia 1958 yang diselenggarakan di Swedia.

Walaupun masih ada Luigi Di Biagio sebagai pengasuh sementara namun timnas Italia masih tetap mencari pelatih baru untuk mengisi kekosongan posisi tersebut. Diketahui mereka memiliki kandidat potensial diantaranya yaitu Antonio Conte (yang saat ini melatih Chelsea), Roberto Mancini (yang saat ini melatih Zenit Saint Petersburg) dan juga Carlo Ancelotti (yang saat ini sedang tak memiliki klub).

Claudio Ranieri, yang pernah memimpin Leicester City meraih gelar juara Premier League untuk pertama kali klub tersebut berlaga di Inggris, juga telah dikaitkan untuk mengisi jabatan Italia yang kosong. Padahal saat ini, ia sedang membangun Nantes dan berhasil di berada di lima besar klasemen. Namun Ia perlu berusaha lagi untuk mencapai batas aman untuk bermain di Liga Eropa dimana mereka selisih 10 poin dengan peringkat diatasnya.

Pelatih berusia 66 tahun itu sempat mengungkapkan kepada media Sky Sport Italia, tentang keinginannya melatih negaranya, “Setiap pelatih Italia akan senang bertanggung jawab atas Nazionale,”

Claudio Ranieri Nantes Coach

Claudio Ranieri Pelatih Nantes

“Namun saya memiliki kontrak dengan Nantes selama dua tahun dan saya belum menerima kabar apapun, jadi saya tidak bisa mengatakan apapun. Tapi jika saya dihubungi untuk pekerjaan di Italia, saya akan pergi ke presiden Nantes dan meminta untuk dibebaskan.”.

Tentu walaupun keinginan pelatih Nantes, Claudio Ranieri, sangat menginginkan mengelola timnas , Italia bahkan sampai rela melepaskan klub yang diasuhnya saat ini, namun ketiga saingannya cukup berat untuk disingkirkan dengan mudah, terutama dengan prestasinya.