Perjalanan Karir Dries Mertens Terupdate Hingga Kini

Sebelumnya kita telah mengetahui biodata dari Dries Mertens yang saat ini menjadi pemain depan Napoli, bahkan berikut dengan media sosialnya. Namun kali ini kita akan bahas perjalanan karirnya hingga saat ini membela klub yang bermain di Serie A.

Junior Karir

Dries Mertens saat bermain di Anderlecht

Dries Mertens saat bermain di Anderlecht

Mertens mengasah sepak bolanya sejak ia beusia Sembilan tahun dimana pada tahun 1996 ia masuk ke akademi klub dikotanya Stade Leuven. Namun dengan performanya saat itu, ia dilirik oleh Anderlecht dan berhasil direkrut pada tahun 1998 menuju akademi mereka. Sayangnya walau telah berlatih selama lima tahun, ia pun dilepaskan oleh Anderlecht karena terlalu pendek dan diprediksi tidak mampu bersaing secara professional.

Senior Karir

Mertens beralih menuju akademi rivalnya Gent, dan setelah dua musim ia berlatih di klub barunya, ia langsung dipinjamkan ke Eendracht Aalst untuk musim 2005–06. Performanya pun tampil cemerlang di divisi tiga dan dinobatkan sebagai Player of the Year. Namun staf pelatih di Gent tetap tidak yakin Mertens akan berhasil di tim utama dan akhirnya ia dipinjamkan lagi namun menuju Belanda membela AGOVV Apeldoorn.

Ia rutin diturunkan secara regular dan menyumbangkan dua angka namun performanya tetap membuatnya dipermanenkan pada kampanye 2007-08 dan sempat menjadi kapten kesebelasan musim depannya. Dan dalam dua tahun keberadaannya bersama AGOVV, Ia pun akhirnya mencetak 29 gol dalam 75 pertandingan yang melibatkannya di semua kompetisi.

Dries Mertens saat membela AGOVV 2008

Dries Mertens saat membela AGOVV 2008

Pada musim 2009–10, FC Utrecht memboyongnya dengan tebusan 600 ribu euro. Ia pun mampu menjadi runner up Dutch Footballer of the Year award, setelah Luis Suarez. Ia pun mendapat penghargaan Di Tommaso Trophy, untuk menjadi pemain terbaik Utrecht musim itu. Dalam dua musim, ia mengumpulkan 22 gol, dalam 90 pertandingan yang melibatkannya.

PSV Eindhoven juga tertarik ingin mencicipi keahliannya dan diyakini ia dilepaskan sebesar 7,65 juta poundsterling. Dimusim peradananya ia berhasil membantu timnya memenangkan KNVB Cup dan Johan Cruyff Shield. Dalam dua musim keberadannya di PSV, ia telah mencetak 46 gol dari 88 pertandingan yang melibatkannya di semua musim.

Dries mertens resmi menjadi pemain Napoli 2013

Dries mertens resmi menjadi pemain Napoli

Pada musim panas 2013 lalu, ia bergabung menuju Italia membela Napoli. Saat itu ia menjadi penandatanganan pertama Rafael Benítez di klub tersebut dengan merogoh kantong sebesar 9,5 juta euro. Ia pun berhasil membantu tim barunya meraih Coppa Italia dan Supercoppa Italiana namun itu adalah satu-satunya penghargaan yang didapatkannya hingga kini. Meskipun demikian ia telah membantu timnya mencetak 89 gol, dari 225 pertandingan yang melibatkannya sejak ia menjadi pemain Partenopei dalam waktu lima tahun.

Internasional Karir

Dries Mertens selebrasi gol saat cetak angka hadapi Estonia 13-11-2016 Piala dunia

Dries Mertens selebrasi gol saat cetak angka hadapi Estonia 13-11-2016 Piala dunia

Dries Mertens hanya sempat direkrut oleh timnas Belgia junior, U17 saja dan dimainkan empat kali pada tahun 2004 lalu. Sementara ia mendapat panggilan pertama kali untuk timnas senior, pada 1 Oktober 2010, saat Belgia diasuh oleh Georges Leekens. Namun ia baru memulai debutnya saat menghadapi Finlandia dalam pertandingan persahabatan tanggal 8 Februari. Skor pertamanya, pada tanggal 15 Agustus 2012, saat menghadapi Belanda dalam pertandingan Derby der Lage Landen / Low Countries derby ke 125.

Hingga saat ini ia mencetak 13 fol dalam 65 pertandingan yang melibatkannya dari tahun 2011 dimana Ia menghasilkan skor terbanyak pada tahun 2014, dengan menyarangkan bola sebanayak lima kali.

Demikianlah catatan perjalanan karir Dries Mertens hingga tulisan ini dibuat. Dan dipastikan dengan usianya yang masih tiga puluh tahun, ia masih memiliki waktu setidaknya lima tahun lagi untuk meningkatkan kembali performanya.