Penjaga Gawang Cadangan Bayern Munich Akan Habis Masa Kontraknya Musim Depan

Tom Starke Sven Ulreich Christian Fruchtl, Tom Starke, Sven Ulreich, Christian Fruchtl, Manuel Neuer, Goalkeeper Bayern Munich,Bayern Munich, Bundesliga, liga Jerman

Tom Starke, Sven Ulreich dan Christian Fruchtl

Bursa transfer pemain di musim panas lalu memang sudah ditutup dan masih ada beberapa pemain klub papan atas yang memiliki masa kontrak yang akan habis dimusim depan. Bahkan beberapa diantaranya hingga kini belum memperpanjang penawaran mereka setelah musim panas kemarin.

Hal ini terjadi juga dengan beberapa pemain yang berlaga di kompetisi Bundesliga, termasuk jawara musim lalu yaitu Bayern Munich. Mereka memiliki delapan pemain yang akan habis masa baktinya namun yang terlihat perlu diperhatikan adalah lini pertahanan mereka khususnya diposisi penjaga gawang.

Bayern kini memiliki empat penjaga gawang, dimana Manuel Neuer tetap sebagai pilhan utama. Mereka memiliki tiga pemain cadangan yaitu Sven Ulreich, Christian Fruchtl dan Tom Starke.

Kiper andalan sekaligus kapten kesebelasan mereka sepertinya masih aman untuk masalah kontraknya, namun semua penggantinya yang akan habis masa kontraknya sangat jarang dimainkan sebut saja Sven Ulreich yang hanya hanya diturunkan dalam hitungan jari padahal ia direkrut Bayern dari VfB Stuttgart dari tahun 2015 lalu. Fruchtl juga merupakan pemain muda yang tak dimainkan di laga besar, dan Starke merupakan kiper veteran dadakan mereka, yang dipaksa keluar dari masa penisunnya.

Christian Fruchtl mungkin masih berusia 17 tahun dan perlu banyak diperbaiki karena saat dimainkan pertandingan pra musim, ia  menelan 12 kali keboblan dari lima kali pertandingan, termasuk adu penalti menghadapi Arsenal dalam ajang International Champions Cup ASIA pertengahan juli lalu. Namun selebihnya, ia belum pernah mencicipi pertandingan panggung besar Bundesliga, apalagi Liga Champions.

Sven Ulreich juga kini menggantikan Neuer lagi karena cedera lamanya kambuh dan kali ini Neuer membutuhkan waktu lama sampai awal tahun mendatang. Namun dengan performanya saat ini, akan dipertanyakan masa depannya di Bayern. Hal ini juga terjadi karena Bayern terlalu mengandalkan Neuer dan membuatnya sangat jarang diturunkan dan membuat keahliannya tumpul. Kini Bayern menerima akibatnya.

Sementara Starke sebelumnya telah mengumumkan pengunduran dirinya pada tangal 17 Mei 2017 dan memainkan pertandingan terakhirnya pada tiga hari sesudahnya dalam kemenangan 4-1 atas melawan SC Freiburg. Namun karirnya di Bayern tetap diteruskan sebagai koordinator pelatih kiper. Karena cedera yang menghinggapi Manuel Neuer dan Sven Ulreich, Starke diturunkan Bayern Munich pada pertandingan pra musim pada musim 2017-18 dan dipanggil untuk berada di skuad Bayern UEFA Champions League pada bulan September 2017. Dan sepertinya ia tak mungkin digunakan untuk jangka lama.

Belum diketahui apakah Bayern akan merekrut pemain baru untuk menggantikan sang kaptern dan rekannya, atau masih tetap setia memepertahankan mereka dengan mendongkrak performanya semaksimal mungkin.