Moutinho Yakin Akan Masa Depan Portugal

Joao Moutinho

Pada akhirnya, Portugal dapat merasakan mengangkat trofi di kompetisi besar Piala Eropa 2016. Salah satu gelandang Portuga, Joao Moutinho, mengungkapkan bahwa gelar tersebut hanya awal dari kejayaan timnya.

Portugal berhasil menjadi kandidat juara Piala Eropa 2016 usai menaklukkan tuan rumah Prancis di babak final. A Seleccao das Quinas berhasil mencatatkan 1-0 atas Prancis melalui gol tunggal yang di ciptakan Eder dalam pertandingan final di Stade de France, Senin (11/7/2016) dinihari WIB, meskipun mesti diselesaikan melalui masa penambahan waktu.

Bagi Seleccao, ini merupakan gelar perdana mereka di turnamen superior. Sebelumnya, pencapaian terbaik mereka yang tercatat di sebuah kompetisi besar adalah menjadi runner-up di Piala Eropa 2004 lalu–saat itu mereka sebagai tuan rumah dan dikalahkan oleh yunani di final.

Moutinho menilai bahwa Portugal kini telah memiliki komposisi pemain yang pas untuk tampil mengesankan di masa yang akan datang. Dia juga yaki bahwa gelar Piala Eropa kali ini adalah awal dari kejayaan lainya bagi Portugal.

“Kami memiliki tim dengan kombinasi pengalaman dan pesepakbola muda, penggawa muda yang sungguh bagus,” ucap Moutinho.

“Ini adalah gelar perdana, namun kalau Tuhan mengizinkan, kami dapat terus melangkah untuk menorehkan lebih banyak gelar, lebih banyak final di masa yang akan datang bersama generasi pemain muda ini,” sambung pesepakbola berusia 29 tahun ini yang juga membela AS Monaco.

“Ini bakal ada dalam memori kami lantaran ini adalah gelar untuk Portugal, salah satu negara yang sebelumnya belum pernah juara, hal itulah yang membuatnya spesial,” tutupnya.

Portugal nantinya bakal menyambut Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang bakal mulai diselenggarakan di bulan September nanti. Di Piala Dunia 2014 lalu, Portugal tersisih di fase grup.