Meski Kalah, Messi Telah Catatkan Gol Ke-500

Lionel Messi

Satu gol yang berhasil diciptakan oleh Lionel Messi ke gawang Valencia memang tidak bisa menyelamatkan Barcelona dari kegagalan. Akan tetapi, gol itu sudah membuat Messi membukukan gol ke-500 sepanjang kariernya.

Messi mencetak gol tersebut ketika memasuki babak kedua pertandingan melawan Valencia di Camp Nou, Senin (18/4/2016) dinihari WIB tadi. Akan tetapi, gol tersebut terbentuk usai Barca tertinggal 0-2 dari Valencia di babak pertama.

Hasilnya, Barca pun terpaksa harus menelan tiga kegagalan berturut-turut pertama mereka di liga selama 13 tahun terakhir. Los Cules pun terpaksa berbagi puncak klasemen dengan Atletico Madrid yang sama-sama mengumpulkan 76 angka namun kalah head to head dan cuma memimpin satu poin dari Real Madrid di posisi ketiga.

Sedangkan bagi Messi, gol ke-500 ini juga mengakhiri puasa golnya yang telah berlangsung selama 555 menit. Sebelumnya, Messi terakhir membobol gawang rival ialah ketika berhadapan dengan Arsenal di putaran kedua babak 16 besar Liga Champions.

Itu merupakan catatan puasa gol paling panjang Messi selama enam tahun belakangan ini.

Detail 500 gol Messi itu ialah 450 gol diciptakan bersama Barca dari 632 permainan di semua kompetisi. Sedangkan 50 gol sisa diciptakan bersama timnas Argentina.

Dari 500 gol itu, musim 2011/2012 menjadi musim terbaik Messi saat dirinya menciptakan 73 gol di semua kompetisi dengan 50 di antaranya diciptakan di La Liga.

Sedangkan bersama Argentina, masa terbaiknya ialah pada tahun 2012 saat menciptakan 12 gol selama satu tahun.

Sebagai informasi tambahan, musuh Messi yakni Cristiano Ronaldo, sendiri telah lebih dulu menggenapkan gol ke-500 pada bulan September.