Masa Bakti Tiga Punggawa Anadalan Bayern Akan Habis Dimusim Depan

Rafinha, Arjen Robben, Franck Ribery, Rafinha Arjen Robben Franck Ribery, Bundesliga, liga Jerman,

Rafinha, Arjen Robben, dan Franck Ribery

Masa depan penjaga gawang Bayern Munich semuanya akan habis masa baktinya di musim depan, namun tidak untuk penjaga gawang andalan mereka yang sedang mengalami cedera di kaki kirinya yang merangkap kapten kesebelasan, Manuel Neuer, Namun Bayern masih memiliki lima pemain lagi selain kiper yang akan selesai juga kontraknya bahkan tiga diantaranya adalah tiga pemain andalan Bayern beberapa waktu kebelakang.

Mereka adalah Franck Ribery, Arjen Robben, dan Rafinha juga akan habis masa baktinya dimusim depan. Namun ketiga pemain tersebut semuanya berusia 32 tahun atau lebih.

Franck Ribery akan berusia 35 tahun dimusim depan. Mantan pemain Metz tersebut direkrut dari Marseille oleh Bayern pada musim panas 2007 dan ditebus dengan nilai sebesar 25 juta euro. Dan dengan keberadaan pemain sayap asal Prancis tersebut, Bayern telah menikmati berbagai medali termasuk tujuh kali menjadi juara Bundesliga, lima kali German Cup, Empat kali German Super Cup bahkan pernah mencicipi gelar juara Liga Champions musim 2012-13 lalu. Belum lagi penghargaan Individu dan sempat menjadi peringkat ketiga Balon d’Or, 2013 dibelakang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Namun Ia tidak berdampak secara langsung bagi tim dengan menjebol gawang lawan terutama tiga musim terkhir. Ia pun sering mulai mengalami cedera seperti yang baru dialaminya pada awal bulan ini. Ia sangat berpengaruh diruang ganti klub bahkan dikabarkan Ia termasuk dari pemain yang menggulingkan Carlo Ancelotti dari tahtanya karena jarang memainkannya.

Arjen Robben, dimusim depan juga akan berusia 34 tahun. Mantan pemain Chelsea tersebut direkrut oleh Bayern dari tangan Real Madrid dari musim panas 2009, dengan tebusan 25 juta euro. Ia pun menggunakan nomor 10, yang terakhir digunakan oleh rekan senegaranya di Bayern Roy Makaay.

Ia tampil apik bersama Bayern hingga kini. Dimusim ini saja Ia telah mengantongi dua gol dari 6 pertandingan yang melibatkannya di Bundesliga. Performanya per musim juga bagus, kecuali pada musim 2015-16 lalu. menghasilkan empat gol dari 15 pertandingan yang melibatkannya di Bundesliga.

Rafinha lebih muda sedikit dari kedua pemain diatas baik dalam usia maupun kehadirannya di Alianz Arena. Mantan pemain Schalke 04 itu, direkrut Bayern dari Genoa di musim panas 2011, dengan tebusan tak mencapi 6 juta euro. Ua pun mampu tampil secara reguler terutama setelah rekannya Phillipp Lahm dimusim 2013-14 dipindahkan menjadi gelandang bertahan. Ia pun semakin apik membantu pertahanan dozona berbahaya Bayern walaupun dimusim ini Ia harus mencicipi lima dari tujuh pertandingan Bundesliga.

Kemungkinan Bayern masih akan melihat bagaimana sepak terjang para punggawanya di musim 2017-18 ini dan sebelum memutuskan untuk memperpanjang masa jabatan mereka atau tidak.