Mantan Bintang Schalke 04 Kembali Ke Mantan Klubnya Di Jepang

Atsuto Uchida, Union Berlin, Schalke 04

Atsuto Uchida Union Berlin

Mantan bintang Schalke asal negara Jepang yaitu Atsuto Uchida, diketahui telah bergabung bersama klub yang bermain di Bundesliga 2 yaitu Union Berlin. Namun sayangnya sebelum masa baktinya berakhir, Ia mengakhiri karirnya di Jerman membela mantan timnya Kashima Antlers.

Uchida merupakan mantan pemain timnas  Jepang yang mengasah kemampuannya di Shimizu Higashi High School, Jepang. Namun pada 2006, pemain bek kanan tersebut , direkrut oleh klub di negaranya yaitu Kashima Antlers.

Bermain di kompetisi J1 League, sepak bola tertinggi di negeri matahari tersebut, Ia menampilkan performa yang memukau selama tiga musim, yang membuat Schalke ingin memilikinya.  Dan pada musim panas 2010 Schalke berhasil merekrutnya dengan tebusan 1,3 juta euro dengan masa kontrak selama tiga tahun.

Ia pun menjalani karirnya dengan baik, namun setelah perpanjangan kontraknya, ia mulai mengalami banyak cedera terutama patella tendon irritation, cedera otot ditemurung lututnya. Ia pun sering mengalami  hal tersebut yang mengakibatkan ia tak pernah dimainkan sama sekali dari musim 2015-2017 lalu. Akhirnya Ia pun dilepaskan menuju Union Berlin secara gratis walaupun masih ada sisa satu tahun masa baktinya di Veltins-Arena.

Bersama klub barunya, Ia hanya dimainkan dua pertandingain saja, saat menghadapi Fortuna Dusseldorf dan SV Sandhausen karena ia menderita cedera paha dipertengahan Oktober.  Namun kini pemain berusia 29 tahun itu memutuskan kembali ke kampung halamannya setelah tujuh tahun di Bundesliga dan membantu setengah tahun di Bundesliga 2.

Sayangnya, Atsuto tidak dapat menunjukkan kepada kami  potensi apa yang dimilikinya dan itulah sebabnya kami mengakomodasi keinginannya untuk kembali ke rumah,” kata direktur olahraga Union Berlin, Helmut Schulte.

Walaupun demikian, Atsuto pernah mencicipi kebersamaan timnasnya sebanyak 74 kali, bahkan mencetak dua gol pada tahun 2008 dan 2014 lalu. Ia juga membantu timnasnya menjadi juara AFC Asian Cup pada tahun 2011.

Dalam lingkup klub, Ia pernah membantu Kashima Antlers meraih gelar juara J. League 1 2007-2009, Emperor’s Cup 2007 dan Japanese Super Cup, 2009, 2010. Sedangkan bersama Schalke, ia membantu klub meraih gelar juar DFB Pokal 2010-11 dan DFL Supercup 2011.