Manchester City dapat Pengawasan UEFA

Aktifitas transfer Manchester City di bursa transfer musim panas ini telah mendapat pengawasan dari UEFA. Seperti diketahui, Pihak Asosiasi Sepak Bola Eropa tersebut sedang mengawasi pergerakan transfer The Citizens. Alasan UEFA turun tangan lantaran agar tim besutan Josep Guardiola itu tidak melanggar aturan Financial Fair Play(FFP) yang telah diterapkan selama ini.

Manchester City dilaporkan telah mengeluarkan dana sebesar 220 juta Pound Sterling atau setara dengan 3,85 Triliun sepanjang bursa transfer musim panas 2017. The Citizens telah berhasil memboyong para pemain hebat seperti Bernardo Silva dan Benjamin Mendy dari AS Monaco, Kyle Walker dari Tottenham Hortspur, Ederson dari Benfica dan Danilo dari Real Madrid.

UEFA menaruh perhatian lebih kepada Manchester City karena dana yang dikeluarkan Citizens sangat banyak dan dikhawatirkan menyalahi aturan FFP. Bukan tanpa alasan UEFA mengawasi Manchester City, lantaran pada 2014 The Citizens pernah terbukti melanggar dan terkena sanksi.

Pada saat itu, Manchester City terkena sanksi berupa hanya boleh mendaftarkan 21 pemain untuk tampil pada ajang Liga Champions. Jika dibandingkan dengan klub lainya, setiap klub berhak mendaftarkan 25 pemainya untuk bermain di ajang Liga Champions.

“Manchester City pernah terbukti melanggar aturan Financial Fair Play pada 2014, tidak hanya City namun Paris Saint-Germain juga turut serta terseret kasus serupa. Saya juga memberitahu kepada Anda, bahwa AS Roma dan Inter Milan juga sedang mendapat perhatian khusus dari UEFA,” Ungkap Petinggi UEFA dalam bidang Financial Fair Play(FFP), Andrea Traverso.

“Selama tiga musim, semua klub harus mengikuti aturan Financial Fair Play(FFP) seperti banyak kesebelasan di Eropa. Mereka tidak boleh mengalami kerugian di atas 26,8 juta Pound Sterling (atau setara dengan 469 Milyar),” Ungkap Traverso menambahkan.

“Saya memahami jika beberapa orang mempertanyakan kebijakan tersebut, akan tetapi saya yakin segalanya dapat berjalan sesuai aturan yang telah diterapkan dan semua klub harus mengikuti aturan tersebut, jika dilanggar maka akan kami hukum.”

Manajer Manchester City, Pep Guardiola dikabarkan akan berniat mendatangkan pemain kembali. Rupanya, The Citizens belum akan menghentikan aktifitas transfer mereka. Pemain Arsenal, Alexis Sanchez kini sedang dalam target perburuan Guardiola selanjutnya.