Man Utd Pertaruhkan 50 Juta Pounds Di Laga Final Liga Europa

 

Manchester United akan menyia-nyiakan kans mengantongi dana sebesar 50 juta pounds (sekitar Rp 859 miliar) kalau mereka tak mampu menaklukkan Ajax Amsterdam di partai final Liga Europa, yang berarti gagal lolos ke Liga Champions 2017/2018.

Berdasarkan yang dilansir dari salah satu media, apabila Man Utd gagal lolos ke Liga Champions untuk 2 musim secara beruntun maka akan ada klausul denda sebesar 21 juta pounds (Rp 361 miliar) dalam pernjanjian 10 tahun MU bersama Adidas –sebuah perjanjian sponsor yang yang sebanyak 750 juta pounds (Rp 12,8 triliun).

Klausul pemotongan pembayaran sekitar 21 juta pounds dari kerjasama MU dengan Adidas itu adalah 30% dari pembayaran sponsor tahunan yang diperkirakan mencapai 70 juta poudns.

Di sisi lain, ikutserta dalam turnamen Liga Champions pun diperkirakan dapat membuat Man Utd mengantongi dana sebesar 29-30 juta pounds lainnya, yang merupakan pemasukan dari hak siar serta uang partisipasi.

Hal ini berarti, ada uang dalam jumlah ‘superior’ yang akan dipertaruhkan oleh Man Utd dalam perduelannya kontra Ajax di partai final Liga Europa nanti, sekaligus mempertaruhkan tiket Liga Champions untuk musim depan.

“Untuk kami kado paling superiornya yakni Adidas serta Liga Champions,” ujar pihak Finansial MU, Cliff Baty, kepada salah satu media.

Di samping itu, Baty pun mengungkapkan kalau biasanya Man Utd pun berpotensi mendapat pemasukan sebesar 40-50 juta pounds apabila tampil di Liga Champions. Sedangkan keikutsertaanya dalam Liga Europa memiliki pemasukan sekitar 15-20 juta pounds.