Louis Van Gaal Klasifikasikan Borussia Dortmund Sebagai Klub Kecil

Louis Van Gaal, Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen

Louis Van Gaal

Mantan pelatih timnas Belanda yaitu Louis van Gaal, mengklaim bahwa dia menolak kesempatan untuk dapat menggantikan Bos Bayern Leverkusen dan mengungkapkan bahwa dia hanya akan kembali duduk di kursi kepelatihan untuk klub papan besar saja. Namun klub besarĀ  yang dimaksudnya ternyata tidak termasukĀ  klub yang sempat bertengger diposisi puncak klasene Bundesliga, yaitu Borussia Dortmund.

Van Gaal sebelumnya pernah meniti karir sebagai pemain sepak bola di negaranya dan Belgia seperti Ajax, Royal Antwerp, SC Telstar, Sparta Rotterdam, dan AZ Alkmaar. Ia pun telah menjadi pelatih klub papan atas seperti Ajax, barcelona, timnas Belanda, AZ dan Bayern Munich, namun Ia belum memilih pekerjaan lagi didunia kepelatihan, sejak berpisah dengan Manchester United pada Mei 2016 lalu.

Ia pun sempat berbicara dalam sebuah program televisi Belanda De Tafel van Kees di Fox Sports, bahwa pria yang telah berusia 66 tahun itu mengungkapkan dirinya telah menetapkan sebuah bar yang sangat tinggi untuk kembalinya di dunia sepakbola.

“Saya mendapat tawaran dari Bayer Leverkusen, yang merupakan klub yang disesuaikan untuk saya, dengan banyak talenta muda,” katanya, sebelum segera menambahkan bahwa pendekatan tersebut ditolaknya.

Ia pun juga menanggapi peralihan kepelatihan Dortmund, dimana klub tersebut baru saja memecat rekan senegaranya yaitu Peter Bosz dengan pelatih baru Peter Stoger. Namun Ia sendiri tak tertarik dengan posisi yang kosong tersebut jika ditawarkan.

“Saya pikir Dortmund tidak sebanding dengan Bayern Munich, jadi tidak,” tambahnya. “Saat ini, sebagai pelatih, Anda tidak punya banyak waktu, jadi saya tidak bisa mengubah cukup banyak untuk mengubah klub kecil menjadi klub besar.”.

Dalam wawancara tersebut, Van Gaal juga sempat mengkritik penerus United yaitu Jose Mourinho karena bermain sepakbola defensif di Old Trafford , dimana tuduhan tersebut memainkan peran penting dalam kejatuhannya sendiri dengan juara Inggris 20 kali.

Memang hingga saat ini United tertinggal sembilan poin dengan rival sekotanya yaitu Manchester City, namun tak ada klub lain yang memisahkan keduanya. Selain itu mereka termasuk klub yang paling sedikit mengalami kebobolan diantara klub yang bermain di Premier League dengan 11 kali kemasukkan gol.