Kylian Mbappe Menjadi Pemain U20 Dengan Gol Dan Assist Terbanyak Dari 2016-17

Kylian Mbappe, PSG, Christian Pulisic, Kai Havertz

Kylian Mbappe PSG

Kylian Mbappe mencetak satu gol dan satu assist lagi saat menjalani pertandingan bersama klub barunya yaitu Paris Saint Germain. Dalam kompetisi Ligue 1 yang telah memasuki putaran ketujuh belas, timnya berhasil meraup poin penuh saat menghadapi Lille yang membuat mereka tetap bertengger di puncak klasemen minggu ini.

PSG menjamu Lille pada pukul 23.00 WIB dan berhasil mencetak tiga buah gol walaupun sempat diperkecil oleh sang tamu menjelang babak kedua berakhir . Pertandingan yang diselenggarakan di Parc des Princes, PSG mampu memperpanjang rekornya yang luar biasa dengan empat belas kali meraih kemenangan  dengan satu kali kalah.

Dalam laga tersebut, PSG mendominasi pertandingan di kedua babaknya baik penguasaan bola maupun menciptakan peluang. Dan salah satu pemain yang bersinar saat itu adalah Mbappe. Pasalnya salah satu talenta U-20 terbaik di Eropa mampu memberikan assist kelimanya pada musim ini di Ligue 1, yang ditujukan untuk rekannya Angel di Maria, membuat gol pertama pertandingan tersebut.

Mbappe pun juga kembali menemukan perut gawang lawan untuk keenam kalinya di kompetisi yang sama musim ini, memperlebar jarak selisih gol, yang sempat diperkecil oleh Anwar El-Ghazi menjelang babak kedua berakhir.

Memang pemain berusia 18 tahun ini telah menjadi jimat sejak melakukan terobosan bersama klub sebelumnya, AS Monaco. Ia mendapatkan pengakuan di timnas senior Prancis bahkan dipastikan akan bergabung dengan raksasa Liga Prancis, PSG, setelah musim ini bermain dengan status pinjaman.

Biaya transfer yang besar pun senilai 180 juta euro tersebut tak dipermasalahkan oleh PSG walaupun telah memboyon Neymar dimusim panas kemarin. Namun sepertinya mereka menghabiskan uang dengan baik.

Mbappe pun telah digadang-gadangkan sebagai pemenang potensial Ballon d’Or dan prestasinya sejak awal 2016-17 menunjukkan bahwa dia berada di jalur yang tepat untuk mencapai puncak permainan global.

Tercatat ia telah menyarangkan bola sebanyak 26 kali di semua kompetisi untuk Monaco musim lalu. Sementara di musim ini Ia telah menambahkan 10 gol saat bersama PSG sekaligus menciptakan banyak kesempatan bagi orang lain.

Jika diklasifikasikan lebih lanjut gol dan assist terbanyak untuk pemain dibawah 20 tahun, dilima liga teratas Eropa sejak 2016-17 lalu, Mbappe jauh mengungguli rivalnya. Sebut saja Kai Havertz dari Bayer Leverkusen yang mengumpulkan lima gol dan sembilan assist, Christian Pulisic dari Borussia Dortmund yang mengumpulkan lima gol dan tujuh assist,  Ismaila Sarr dari Stade Rennais  dengan enam gol dan tiga sssist serta Yann Karamoh saat membela Caen dan setelah dipinjamkan oleh Inter Milan dengan lima gol dan empat assist.

Sementara Mbappe dengan periode yang sama telah menghasilkan 21 gol dan 13 assist, hasil yang luar biasa untuk pemain yang bahkan belum menginjak 19 tahun.