Kiper Borussia Dortmund Perpanjang Kontrak Hingga Empat Tahun Lagi

Roman Burki Borussia Dortmund, Roman Burki, Borussia Dortmund, Bundesliga, Liga Jerman, Roman Burki new contract

Roman Burki Borussia Dortmund

Pemuncak klasemen Bundesliga yaitu Borussia Dortmund telah mengumumkan perpanjangan kontrak penjaga gawang mereka yaitu Roman Burki. Ia menandatangani pembaruan kontrak hingga 2021 menjelang pertandingan mereka melawan Eintracht Frankfurt.

Pemain internasional Swiss membangun dirinya mulai usia 9 tahun di FC Munsingen, namun ia pindah menuju akademi klub papan atas Swiss, Young boys. Dengan kematangannya Ia masuk ke tim utama, namun Ia jarang dimainkan bahkan dipinjamkan ke beberapa klub lainnya seperti FC Thun dan juga FC Schaffhausen dimusim perdananya. Meskipun demikan, peminjaman tersebut juga tak membuat dia rutin dimainkan, hingga akhrinya pada tahun 2011, Grasshopper Club Zurich memiliki posisi yang kosong untuk menjadi pelapis kedua namun seiring dengan waktu, ia pun sering dimainkan.

Pada musim panas tahun 2013, ia pun dipermanenkan dan menjadi kiper utama. Dengan performanya saat itu, Ia pun dilirik oleh SC Freiburg dan berhasil untuk direkrut untuk menjadi penerus Oliver Baumann yang pindah menuju 1899 Hoffenheim. Ia pun diturunkan di 34 pertandingan namun sayangnya Ia tak mampu mencegah timnya terdegradasi dari Bundesliga.

Walaupun timnya menuju 2.Bundesliga, performanya tak dipandang sebelah mata oleh Borussia Dortmund, dan akhirnya Ia direkrut oleh Thomas Tuchel untuk memperkuat pasukannya, menggantikan Roman Weidenfeller sebagai kiper pilihan pertama di klub tersebut.

Dengan performanya saat ini, pemain yang berusia 26 tahun tersebut pun kini dihadiahi perpanjangan kontraknya selama empat tahun oleh Dortmund. Ia pun menatakan, “Saya senang dengan kepercayaan yang telah diberikan klub kepada saya, terutama pada saat yang sangat sulit [kinerja Burki melawan APOEL di Liga Champions UEFA yang menyebabkan kebobolan di Siprus]. Saya senang dan bangga menjadi kiper tim hebat seperti itu, “.

Direktur olahraga Dortmund yaitu Michael Zorc, juga memberikan alasannya mengapa direksi memberikan perpanjangan tersebut. “Roman sangat cocok untuk Borussia Dortmund baik di tingkat olahraga maupun pribadi,” katanya. “Kami menyukai gaya permainannya, melihat potensi besar untuk pengembangan di dalam dirinya dan menganggap dia akan segera menunjukkannya secara reguler.”.

Sampai sat ini, Burki telah membuat 68 penampilan Bundesliga bersama Black-Yellow termasuk 14 di kompetisi Eropa. Pemain berusia 26 tahun itu juga meraih piala pertamanya di Jerman bersama klub tersebut, saat Dortmund mengangkat Piala DFB Pola; setelah kemenangan atas lawan Frankfurt yang akan datang di final Berlin musim lalu.