Kick-off Hanya Butuh Satu Orang di Piala Eropa

Spanyol vs Ceko

Alvaro Morata sendirian dan menyepak bola ke arah belakang ketika membuat kick-off Spanyol melawan Republik Ceko. Jangan kaget, itu merupakan aturan baru yang telah diperbolehkan.

Kick-off bisa menjadi aturan sepakbola terdasar yang kita ketahui dari ketika masih kanak-kanak selain hand ball dan penalti. Tak hanya mewajibkan penggawa kedua tim untuk ada di tempatnya masing-masing, sepakan kick-off juga mesti diarahkan ke depan. Terpaksa ini mengakibatkan kick-off harus dilakukan dua penggawa.

Namun tadi malam ketika Spanyol bermain melawan Republik Ceko, Marota kelihatan berdiri sendiri di bagian tengah lapangan. Kick-off yang dia perbuat juga kelihatan ‘salah’ sebab dirinya menyepak ke arah belakang.

Benarkah Morata telah membuat kick-off? Namun kenapa Steven Davis membuat hal yang serupa ketika Republik Irlandia menghadapi Swedia?

Apa yang diperbuat Morata dan Davis sudah pasti tidak salah. Namun berbeda dengan Spanyol dan Republik Irlandia justru menjadi negara pertama di Piala Eropa yang melakukan aturan baru mengenai kick-off. Regulasi itu diizinkan oleh International Football Association Board (IFAB), pada Mei kemarin dan mulai diperbolehkan di 1 Juni 2016 ini.

Mengenai kick-off, dikatakan jika bola sekarang tak mesti disepak ke arah depan. Itu berarti tak membutuhkan dua orang yang membuat kick-off.

Keuntungan cara apa yang diperoleh dari kick-off satu orang ini masih tak diketahui dengan pasti. Yang pasti telah banyak tim melakukannya. Tak hanya Spanyol dan Republik Irlandia, yang telah melakukannya diantaranya Argentina, Chile, dan Panama di kompetisi Copa America Centenario.