Keputusan Conte Tak Bawa Pirlo ke Prancis

Antonio Conte

Dalam tim Italia untuk Piala Eropa 2016 nanti, tak tercantum nama Andrea Pirlo. Keputusan ini telah mengakibatkan hati manajer pelatih Gli Azzurri Antonio Conte jadi tidak senang.

Ketika merilis tim final pada Selasa (31/5/2016) kemarin, Conte tidak menyertakan Pirlo dalam daftar 23 pemain yang diboyong ke Prancis.

Hal itu berarti gelandang 37 tahun itu bakal melewatkan Piala Eropa untuk kali pertamanya dalam kariernya sejak dimulai pada 2004, lalu 2008, dan 2012. Tak hanya itu, sejak kariernya bersama Italia di 2002, Pirlo mengalami pengalaman pertama tanpa kompetisi level internasional.

Kepastian Conte tidak mengikutsertakan Pirlo bukannya tidak ada perdebatan karena masih banyak yang menilai mantan penggawa Juventus dan AC Milan itu masih dapat memberi kontribusi besar bagi Italia.

Ditambah lagi, walau Pirlo telah matang kemampuannya menjadi jenderal lapangan tengah memang tidak ada tandingannya. Jadi wajar bila Conte memperoleh serangan dari mana saja.

Walau begitu, Conte pernah menyatakan keputusannya tak membawa Pirlo disebabkan oleh si pemain sudah dua tahun tak ikut sepakbola Eropa dan sekarang bermain di Amerika Serikat bersama New York City FC.

Apalagi Conte harus merasa tak enak hati mesti mengambil keputusan untuk tidak terkenal dan mengubur impian Pirlo yang memiliki 113 penampilan dan juga 13 gol bersama Italia itu.

“Andrea Pirlo merupakan pesepabola hebat. Saya melatihnya dalam waktu tiga musim di Juventus dan kami banyak memenangkan titel bersamanya. Saya amat sayang padanya,” kata Conte.

“Namun saya mengetahui di waktu seperti ini, saya mesti mengambil keputusan terbaik bagi Italia dan bukan atas perasaan saya,” lanjutnya.

“Saya tak senang Andrea tak berada di sini, namun inilah hidup dan kita mesti berjalan terus,” tutupnya.

Italia tergabung dalam Grup E dengan Belgia, Republik Irlandia, dan Swedia. Pertandingan pertama ialah berhadapan dengan Belgia pada 14 Juni.