Karena Cedera, David Alaba Tak Bisa Dimainkan Timnasnya Menghadapi Uruguay

David Alaba, Austia national team, Bayern munich

David Alaba saat bermain di timnas Austia

Belum lama ini Asosiasi Sepak Bola Austria telah mengungkapkan bahwa pemain bertahan Bayern Munich yaitu David Alaba, akan absen dalam pertandingan persahabatan Austria dengan Uruguay setelah menderita cedera hamstring dalam kemenangan Bayern Munich atas Borussia Dortmund di Der Klassiker, akhir pekan lalu.

Dalam pertandingan putaran ke 11 Bundesliga tanggal 5 November pukul 00.30 WIB kemarin, David Alaba menjadi starter dan dimainkan sebagai bek kiri saat menghadapi Dortmund. Ia berhasil mencetak gol ketiga dalam laga tersebut dimenit ke 67 setelah mendapat umpan dari James Rodriguz, yang memastikan timnya meraih poin penuh dan memperkokoh mereka di puncak klasemen Bundesliga.

Namun gol pertamanya dimusim ini menjadi mahal dimana Ia mengalami cedera, dan terpaksa ditarik pada menit ke-74 oleh Jupp Heynckes dan digantikan oleh Rafinha.

Tes lebih lanjut telah mengungkapkan bahwa dirinya mengalami cedera otot dan Asosiasi Sepak Bola Austria menegaskan bahwa dia tidak akan tampil dalam pertandingan bentrokan pekan depan dengan Uruguay di Wina.

Bayern sendiri berharap bahwa cedera tersebut tidak membuatnya absen saat pertemuan di Bundesliga berikutnya, menghadapi Augsburg pada 18 November pukul 21.30 di Allianz Arena

Sementara itu, ada beberapa kabar baik bagi pihak Jupp Heynckes saat Franck Ribery kembali berlatih ringan pada hari Senin waktu setempat setelah membuat kemajuan bagus dalam pemulihannya dari cedera lutut.

Alaba sendiri memang rutin dimainkan di timnas Austria, mulai dari Austria U17, U19 dan U21. Pada bulan Oktober 2009, saat berusia 17 tahun, Ia dipanggil oleh tim nasional senior Austria untuk pertandingan melawan Prancis. Dia melakukan debutnya di pertandingan ini, dan membuatnya menjadi pemain termuda dalam sejarah tim nasional Austria.  Dia mencetak gol pertamanya untuk Austria pada tanggal 16 Oktober 2012 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia di kandang Kazakhstan dimana Austria menang 4-0.

Pada usia 19, Alaba memenangkan pemungutan suara bergengsi untuk Pemain Terbaik Austria Tahun 2011. Dalam jajak pendapat yang diselenggarakan oleh APA (agen pers Austria) di antara para pelatih dari sepuluh klub Bundesliga Austria, Alaba menempati posisi puncak dengan 21 poin, hanya di depan bintang Austria Wien Belanda Nacer Barazite (20 poin) dan Martin Harnik dari VfB Stuttgart.

Pada bulan Desember 2012, ia menerima penghargaan tersebut untuk tahun kedua berturut-turut. [30] Pada tanggal 10 September 2013, Alaba mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan melawan Irlandia pada menit ke 84 untuk memberi Austria skor 1-0. Dia mencetak gol terakhir dalam kemenangan 3-0 Austria dalam pertandingan kualifikasi final melawan Kepulauan Faroe.