Juve Kembali Tak Ternodai Dikandang Sendiri

Juventus menjalani musim indah dalam beberapa periode terakhir, kini nama nya menjadi wakil Italia satu-satu nya di Liga Champions yang masih bertahan hingga kini adalah pencapaian yang patut diapresiasi tinggi.

Tak bisa dibantah lagi, ketika Juventus berhasil menang 1-0 atas FC Porto di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2016/17 malam tadi. Makin terbang tinggi ketika Bianconeri kembali tak tersentuh kekalahan di Juventus Stadium sekaligus memastikan diri lolos ke perempat final dengan agregat 3-0 atas wakit Portugal tersebut.

Kemenangan ini sekaligus memastikan Juventus tak terkalahkan dari 21 pertandingan laga kandang beruntun di kompetisi Eropa. Sebagai catatan lengkap nya adalah 12 kali menang dan sembilan kali bermain imbang. Kemunculan ini berawal sejak kalah 0-2 menjamu Bayern Munchen di perempat final leg kedua Liga Champions 2012/13.

Dimana terakhir kali mereka menelan kekalahan usai dibantai Bayern Munchen di musim 2013 lalu. Waktu itu, Juventus tumbang oleh gol-gol Mario Mandzukic serta Claudio Pizzarro dan tersingkir dengan agregat 0-4.

Berrakhir nya periode buruk itu dan Mandzukic pun merapat ke Turin, La Vecchia Signora belum sekalipun tersentuh kekalahan kandang di pentas Eropa. Adapun kemenangan Juventus atas Porto dikandang berdasarkan gol semata wayang yang dihasilkan oleh Pualo Dybala melalui proses tendangan penalti.

Meski begitu, perjalanan Juventus masih panjang dan diharuskan tampil lebih berkembang karena Enam tim sudah memastikan diri akan berlaga di perempat final. Mereka adalah Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Barcelona, Real Madrid (juara bertahan), Leicester City yang kesemuanya adalah tim kuat di liga masing-masing bahkan dunia.