Jardim Raih Penghargaan Pelatih Terbaik Asal Portugal 2018

Leonardo Jardim telah resmi dinobatkan sebagai pelatih asal Portugal tahun ini,  pada upacara Quinas de Ouro 2018 yang diselenggarakan beberapa hari yang lalu. Sementara Cristiano Ronaldo telah resmi dinobatkan sebagai pemain asal Portugal tahun ini.

Memang pada awal pekan lalu gala Quinas de Ouro diselenggarakan untuk merayakan dan memberi penghargaan kepada pemain sepak bola, futsal, dan sepak bola pantai terbaik asal Portugal yang mereka lakukan pada tahun 2017 lalu. Kompetisi itu 2018 dibawah tanggung jawab Federasi Sepakbola Portugal (FPF), Asosiasi Pelatih Sepak Bola Nasional ( ANTF) dan Union of Professional Football Players (SJPF).

Leonardo Jardim raih penghargaan terbaik Quinas De Ouro 2018

Leonardo Jardim raih penghargaan terbaik Quinas De Ouro 2018

Dalam Quinas de Ouro 2018 saat ini, Pelatih AS Monaco saat ini yaitu Leonardo Jardim telah mendapatkan salah satu kategori dalam penghargaan ini, yaitu memenangkan gelar pelatih Portugis tahun Ini. Hal ini ia dapatkan setelah berhasil memandu timnya untuk meraih gelar Ligue 1, unggul terhadap Paris Saint Germain pada musim lalu dan menjalani musim yang luar biasa di Liga Champions, mencapai babak semi final di musim lalu setelah ditaklukan oleh raksasa Italia yaitu Juventus.

Dengan demikian, ia unggul dibanding pelatih papan atas Jose Mourinho yang saat ini mengasuh Manchester United, padahal pelatih berusia 55 tahun itu telah memenangkan Liga Europa dan Piala Liga pada 2017 kemarin. Meskipun demikian mantan pelatih Inter Milan, Real Madrid dan Chelsea, tetap menerima Premio Vasco da Gama, penghargaan atas kontribusinya terhadap ekspansi identitas Portugis.

Selain itu, ia juga telah pelatih papan atas lainnya yaitu Luiz Felipe Scolari yang saat ini melatih Guangzhou Evergrande. Padahal pelatih yang sempat mengasuh timnas Brasil dan timnas Brasil telah memenangkan gelar Chinese FA Super Cup 2017 dan Chinese Super League 2017 (bahkan dua tahun sebelumnya juga).

Cristiano Ronaldo raih penghargaan pemain terbaik Quinas De Ouro 2018

Cristiano Ronaldo raih penghargaan pemain terbaik Quinas De Ouro 2018

Sementara untuk pemain asal Portugal tahun ini jatuh ke tangan Cristiano Ronaldo, dimana ia telah memiliki satu tahun kalender terakhir yang luar biasa. Pasalnya Ia telah membantu Real Madrid memenangkan trofi termasuk Liga Champions dan La Liga, kemudian secara pribadi meraih Ballon d’Or kelimanya ditahun itu, serta mendapatkan penghargaan FIFA Best Player dan  UEFA Player of the Year.

Baca juga : Setelah Mendy Dan Silva, City Incar Pemain Monaco Lainnya.

Sayangnya Leonardo Jardim yang telah resmi dinobatkan sebagai pelatih terbaik asal Portugal tahun ini pada upacara Quinas de Ouro 2018, belum bisa mempertahankan performanya seperti musim lalu. Namun hal tersebut wajar adanya mengingat ia tak memiliki banyak pemain andalannya yang dilepaskan klub diantaranya Bernardo Silva, Tiemoué Bakayoko, Benjamin Mendy dan juga Kylian Mbappe. Namun mereka masih mampu berada tepat dibawah pemuncak klasmenen yang diisi oleh PSG.