Infantino Akan Mundur Demi Platini

Platini dan Blatter tengah diselidiki

Infantino akan menarik diri demi Platini

Calon presiden FIFA, Gianni Infantino mengatakan ia akan menarik pencalonan dirinya jika presiden UEFA yang tengah terkena skorsing, Michel Platini diperbolehkan untuk mencalonkan diri.

Platini dan Presiden FIFA saat ini yang akan segera mengundurkan diri, Sepp Blatter tengah berada di bawah penyelidikan atas pembayaran yang dilakukan kepada pria asal Perancis itu oleh Blatter. Kedua pria menyangkal telah melakukan kesalahan. Tujuh orang kandidat telah mencalonkan diri untuk menggantikan Blatter, yang juga terkena suspensi. FIFA dapat mengizinkan pencalonan diri Platini jika skorsing 90 hari nya berakhir sebelum pemilihan pada 26 Februari.

“Pencalonan diri saya tidak untuk bertentangan dengan Michel,” kata Infantino. “Jika dia bisa mencalonkan diri, saya akan mundur. Ini adalah prinsip sederhana loyalitas. “Tapi sekarang saya 100% seorang calon dan saya akan bergerak maju, tidak hanya untuk Eropa tetapi untuk dunia sepakbola.”

Mengapa Infantino Mencalonkan Diri?

Infantino, 45, telah menjadi sekretaris jenderal UEFA, badan sepak bola Eropa, sejak tahun 2009 dan didukung oleh komite eksekutif organisasi tersebut untuk pencalonannya dalam pemilihan presiden FIFA hanya beberapa jam sebelum batas waktu pada 26 Oktober. Platini telah mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri, namun pencalonannya itu akan tergantung pada hasil penyelidikan FIFA atas laporan pembayaran sebesar £ 1.35 juta yang dilakukan pada tahun 2011 untuk pekerjaan yang dia lakukan sebagai penasihat Blatter.

Bersama-sama dengan Platini dan Infantino, pemimpin sepakbola Asia, Sheikh Salman bin Ibrahim al-Khalifa dari Bahrain, Pangeran Ali bin al-Hussein dari Yordania, mantan politisi Afrika Selatan, Tokyo Sexwale, Presiden Federasi Liberia, Musa Bility dan mantan pejabat FIFA, Jerome Champagne telah mengajukan pencalonan mereka secara resmi untuk menjadi presiden badan sepak bola dunia tersebut.

Infantino juga menjelaskan apa yang akan ia lakukan jika terpilih menjadi presiden FIFA, dan mengatakan ia bermaksud untuk memperluas Piala Dunia di luar Format saat ini yang berjumlah 32 tim menjadi 40 tim, sebuah langkah yang mirip dengan pertumbuhan Kejuaraan Eropa dari 16 menjadi 24 tim. “Ini akan menciptakan dinamika yang baru di tahap kualifikasi. Hal ini juga akan menciptakan antusiasme baru,” katanya. “Jika anda serius tentang mengembangkan sepak bola, maka Anda harus melibatkan lebih banyak asosiasi di ajang sepak bola terbaik di dunia. Piala Dunia”