Guardiola Puji Keputusan Wasit Menganulir Gol Penalti Leicester

 

Pep Guardiola mengapresiasi wasit yang memimpin laga Manchester City kontra Leicester City karena berani memutuskan untuk menganulir gol penalti Riyad Mahrez.

Dalam proses pertandingan City vs Leicester di Etihad Stadium, Sabtu (13/5/2017), wasit Robert Madley sempat memberikan hadiah penalti untuk pihak The Foxes. Penalti ini sendiri terjadi karena pelanggaran dari Gael Clichy terhadap Mahrez di kotak penalti.

Mahrez lantas dipercayakan sebagai eksekutor kans emas itu. Sialnya, Mahrez justru terpeleset ketika menendang bolanya. Kejadian itu membuat kaki kanan pemain sayap dari Aljazair itu mengenai bola duluan sebelum kaki kirinya menendang bolanya.

Walaupun tendangan Mahrez berbuah gol ke sarang City, namun Madley malah memberikan tembakan bebas untuk The Citizens. Sang wasit menilai kalau Mahrez sudah melanggaran regulasi dalam mengeksekusi penalti.

Sebab dalam regulasi mengeksekusi penalti, pemain yang maju mengambil tendangan tersebut tidak diperbolehkan mengenai bola lagi sampai ada pemain lain yang mengenainya. Sedangkan Mahrez mengenai bola 2 secara beruntun.

“Regulasinya sama seperti di golf. Disaat saya melihat respon dari Willy (Caballero), saya langsung mengerti kalau itu 2 kali sentuhan,” ungkap Guardiola kepada salah satu media.

“Wasit amat berani karena menganulir kans penalti itu. Saya sempat melihat hal ini sebelumnya, namun sudah begitu lama! Tidak normal melihat hal seperti itu, namun seperti itulah yang terjadi,” ujar Guardiola.

Dibatalkannya gol penalti Mahrez lantas membuat skor 2-1 tertahan hingga akhir laga dengan keunggulan City. Sergio Aguero dkk. pun berhak membukukan 3 poin serta berpotensi maju ke Liga Champions di musim depan. Sekarang ini mereka menempati peringkat 3 klasemen dan mencatatkan 72 poin, mendominasi 2 poin dari Liverpool yang menempati peringkat 4 klasemen.