Granit Kecewa Dengan Hasil Swiss

Granit Xhaka

Bermain dominan, namun Swiss cuma berhasil raih nilai seri dengan skor 1-1 dari Rumania di lanjutan Grup A Piala Eropa 2016. Gelandang Swiss, Granit Xhaka, memperhatikan buruknya penyelesaian akhir timnya.

Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu (15/6/2016) malam WIB, Swiss justru ketinggalan 0-1 lebih dulu. Penjaga gawang Yann Sommer harus kecolongan pada menit ke-18 melalui sepakan penalti Bogdan Stancu.

Swiss baru berhasil membalas ketika selesai turun minum. Gol dibuat oleh Admir Mehmedi. Granit yang membuat gol di pertandingan pertama ketika Swiss berhadapan dengan Albania, kali ini tidak berhasil mengulangnya.

Berdasarkan catatan statistic, Swiss bermain lebih dominan dengan melakukan penguasaan bola sampai 60 persen. Swiss melakukan 12 tembakan dengan lima di antaranya on target. Sedangkan di tim Rumania melakukan sepuluh percobaan yang mana enam diantaranya on target.

“Akhirnya kami berhasil membuat gol. Kami melakukan banyak sekali peluang namun tidak berhasil memanfaatkannya hingga menjadi gol,” ucap Granit.

“Ini adalah salah satu performa terbaik yang pernah kami tampilkan. Kami membuat banyak peluang namun yang disayangkan, kami tidak berhasil membuat kemenangan,” kata dia.

Dengan perolehan seri tersebut, Swiss masih mesti berusaha ekstra keras agar mengunci tiket babak knockout. Selama beberapa saat ini, mereka masih menetap di urutan kedua dengan empat poin. Rumania mengejar di urutan ketiga dengan mengoleksi 1 angka dan keempat serta Albania masih tak pernah menang sekalipun.

Ditambah lagi, Swiss bakal berhadapan dengan tuan rumah, Prancis yang kerap menang selama dua permainan, di pertandingan terakhirnya nanti. Selain itu, Les Bleus telah mengunci tempat di babak 16 besar.

“Menurut saya, kami tidak puas atas pengumpulan empat angka. Kami berhasrat untuk menundukkan Prancis. Sudah pasti mereka tim unggulan dan pertandingan tersebut bakal menjadi pertandingan penentuan. Kami mesti menyikirkan Prancis,” ucap dia.