Gol Penentu Kemenangan Portugal

Croatia vs Portugal

Pertandingan Kroasia melawan Portugal di partai 16 besar membukukan beberapa catatan. Salah satu diantaranya yakni tentang sepinya kans di pertandingan ini.

Portugal tampil selaku pemenang di laga yang berlangsung di Stade Bollaert-Delelis, Minggu (26/6/2016) dinihari WIB. Salah satu gol Ricardo Quaresma pada menit ke-117 lebih tepatnya di babak tambahan memastikan Seleccao das Quinas menuju ke perempatfinal.

Pertandingan ini sendiri mesti dilanjutkan ke babak penambahan waktu karena keduanya seri dan tidak memperolekan satu gol pun selama 90 menit. Dalam hal ini, semasa waktu normal tersebut, timnas Kroasia maupun timnas Portugal masing-masing tak melesakkan percobaan on target.

Gracenote mencatatkan bahwa laga ini adalah yang pertama kalinya di Piala Eropa 2016 di mana tak ada percobaan on target selama 90 menit. Serta mencatat bahwa pesepakbola andalan Portugal, Cristiano Ronaldo, pertama kalinya tidak berhasil melakukan upaya mencetak gol dengan on target di babak pertama dalam 8 penampilan di Piala Eropa. Sebelumnya catatan serupa dihasilkannya kala melawan Jerman di Piala Eropa 2012.

Ronaldo sendiri dalam prosesnya tak menghasilkan tembakan mengarah ke gawang selama 90 menit. Dia baru mencatatkannya di menit ke-116. Cuma lebih cepat sedetik sebelum gol Quaresma tercipta.

Tendangan Ronaldo itu adalah tembakan on target perdana di laga dinihari tadi atau tepatnya memerlukan waktu 117 menit untuk bisa melihat peluang yang menuju ke gawang langsung di laga ini.

Hal ini juga tercatat bahwa Quaresma telah menorehkan gol pertama di penambahan waktu pada Piala Eropa sejak Andrey Arshavin pada 2008 silam, kala Rusia berduel dengan Belanda.

Terkait kelolosan Portugal, hal tersebut juga mencatatkan bahwa tim asuhan Fernando Santos tersebut sudah menginjak perempatfinal Piala Eropa 2016 untuk yang keenam kali dalam sejarahnya. Ini lebih banyak daripada tim manapun. Ini mereka bukukan secara beruntun sejak 1996.