Gol Kontroversial Peru Tundukkan Brasil

Brazil vs Peru

Perjalanan Brasil di Copa America Centenario berakhir ketika berada di babak grup. Selecao harus menerima kekalahannya setelah ditundukkan Peru dengan skor 0-1 melalui gol kontroversial.

Bertanding berhadapan dengan Peru di Gillette Stadium, Senin (13/6/2016) pagi WIB, Brasil sejatinya hanya memerlukan hasil seri agar bisa lanjut melangkah masuk ke perempatfinal. Tim asuhan Carlos Dunga bagaimanapun masih tetap melancarkan cara pendekatan menyerang.

Brasil tercatat dominan dalam penguasaan bola yang mana memiliki persentase hingga 66% menurut pencatatan dari ESPN. Mereka tercatat telah melakukan 14 percobaan dimana dengan lima di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Peru hanya tercatat melakukan empat percobaan di mana setenghanya menemui sasaran.

Brasil memperoleh pukulan telak ketika memasuki menit ke-73, yang mana sebuah serangan dari sisi kiri pertahanan berhasil dimanfaatkan Raul Ruidiaz tepat di depan gawang yang berakhir menjadi sebuah gol. Brasil melakukan protes sebab menganggap Ruidiaz menyentuh bola dengan tangannya, sebagaimana yang diperlihatkan juga melalui tayangan ulang.

Namun usai beberapa waktu melakukan perundingan dengan ofisial, wasit tetap menyatakan gol tersebut sah. Brasil coba melakukan penekanan di sisa waktu yang ada, akan tetapi mereka gagal untuk mencetak gol balasan.

Atas perolehan hasil ini, Peru berhasil masuk ke perempatfinal menjadi juara Grup B dengan pengumpulan poin sebanyak 7 dari tiga pertandingan, diikuti Ekuador yang telah mengumpulkan 5 angka yang lebih dulu dipastikan untuk terus melaju. Sedangkan Brasil mesti terima karena terhenti usai cuma berhasil mengoleksi 4 angka.