Dortmund VS Monaco:2-3, Tuchel: Leg II Akan jadi Ujian Berat

Borussia Dortmund dikalahkan dengan skor 2-3 kontra AS Monaco di partai leg I perempatfinal Liga Champions. Alhasil, kekalahan ini pun membuat ujian untuk lolos ke putaran selanjutnya kian berat.

Dortmund menderita kekalahan kala menghadapi Monaco di kandang sendiri, Signal Iduna Park, Rabu (12/4/2017). Die Borussen kecolongan gol 2 kali dari Kylian Mbappe serta ditambah gol bunuh diri Sven Bender, lantas Dortmund pun cuma bisa menipiskan skor lewat Ousmane Dembele serta Shinji Kagawa.

Akan tetapi, Tuchel justru menyoroti kebobolan 3 gol ke sarang timnya itu. Di gol perdana dari Mbappe tepatnya di menit 19, sorotan tertuju ke wasit lantaran ia merasa kalau striker Monaco itu telah dalam situasi offside ketika menyambut operan Thomas Lemar.

Kemudian ia pun menilai kalau gol bunuh diri Sven Bender terlahir karena kurangnya persiapan defensif saat menghadapi oepran silang di menit 35. Gol terakhir Monaco malah dianggap Tuchel sama saja dengan gol bunuh diri.

Diawali dengan kesalahan Lukasz Piszczek ketika memberikan operan di lini belakang sendiri, bola justru direbut oleh Mbappe dan kemudian berakhir gol di menit 79.

Walaupun begitu, Tuchel merasa timnya jauh lebih baik di paruh kedua, usai tertinggal 0-2 di paruh pertama. Namun mereka tetap saja tak mampu menghindari kelalahan lantaran penyeleisan akhir yang buruk serta fokus yang menurun.

“Leg II bakal menjadi tantangan berat, namun ini baru setengah perduelan. Performa di paruh kedua amat oke. Paruh pertama benar-benar amat mengecewakan melihat bagaimana semua hal merosot,” ungkapTuchel kepada salah satu media.

“Anda dapat bilang kalau itu merupakan 2 gol bunuh diri serta 1 gol offside. Kami baru membahaskan sepakbola di jeda laga. Kami berenca untuk memberikan pressing superior ke sejumlah bek winger mereka.”

“Kami agak terlalu kurang tepat dalam mengejar ketertinggalan skor, lalu kecolongan gol ketiga,” lanjutnya mengkahiri.