David Moyes Dipecat Oleh Real Sociedad

Sociedad lolos degradasi berdasarkan selisih gol

Moyes membawa Real Sociedad meraih peringkat ke-12

David Moyes telah dipecat sebagai manajer dari klub La Liga, Real Sociedad yang saat ini tengah berjuang untuk terhindar dari zona degradasi kurang satu hari dari peringatan satu tahun ia menjabat sebagai manajer di klub Spanyol tersebut.

Pria berusia 52 tahun itu membawa tim kota Basque tersebut meraih tempat ke 12 pada musim lalu setelah mengambil alih jabatan manajer pada 10 November 2014. Tapi La Real hanya terhindar dari zona degradasi berdasarkan selisih gol dan kekalahan 2-0 hari Jumat lalu di Las Palmas adalah kekalahan mereka yang keempat dalam lima pertandingan terakhir di La Liga.

Sebuah pernyataan dari Real Sociedad mengatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak Moyes. Asisten manajer Billy McKinlay juga telah dipecat. Klub tersebut kini berada di peringkat ke 16 dan akan menghadapi pemenang Liga Europa, Sevilla dan juara Eropa, Barcelona di dua pertandingan La Liga mereka berikutnya setelah jeda internasional.

Kepindahan ke Real Sociedad adalah pekerjaan pertama manajer asal Skotlandia itu setelah ia dipecat dari posisinya sebagai manajer Manchester United di bulan April 2014 setelah hanya 10 bulan bertugas. Moyes, yang menghabiskan 11 tahun di Everton sebelum menggantikan Sir Alex Ferguson di Old Trafford, menandatangani kontrak sampai Juni 2016 dan menjadi manajer keempat di Real Sociedad yang berasal dari Inggris.

Harry Lowe menjadi manajer bagi klub tersebut selama lima tahun dari tahun 1930, sementara John Toshack menjalani tiga musim sebagai manajer di sana, dengan masa jabatannya yang terakhir berakhir pada tahun 2002. Rekan Toshack yang juga berasal dari Wales, Chris Coleman hanya menjabat sebagai manajer selama kurang dari tujuh bulan setelah pengangkatannya pada bulan Juli 2007.