Cristiano Ronaldo Terseret Kasus Penipuan Pajak

Pemain bintang sekaligus penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo dituding telah melakukan penipuan pajak dan menghindari kewajiban membayar pajak di Spanyol, selama mengenakan kostum Los Blancos. Mendengar rumor tersebut, Ronaldo segera memberikan pernyataan kepada media dan membantah tudingan dirinya atas isu tersebut.

Pernyataan itu dikeluarkan perwakilan penyerang Real Madrid tersebut beberapa jam setelah gugatan hokum terkait pajak dikenakan kepadanya.Menurut wakil Ronaldo, Gestifute Ia tidak inin masalah ini berlarut-larut hingga menyulitkan klienya. Ronaldo tak pernah melakukan penipuan pajak.

“Klien saya, Cristiano Ronaldo tak pernah melakukan hal-hal yang telah ditudingkan kepadanya. Tidak pernah menghindar atau melakukan penipuan pajak. Tidak ada yang disembunyikan maupun niat untuk menyembunyikan sesuatu,” Ungkap Gestifute, agensi yang mewakili pemain Real Madrid, seperti dilansir Reuters.

Rumor terkait tudingan yang ditujukan kepada Ronaldo telah menyebar setelah kantor jaksa di Madrid melayangkan gugatan hokum terhadap Ronaldo. Gugatan itu berisi tentang adanya gugatan penghindaran terhadap pihak otoritas pajak Spanyol senilai 14,7 juta Euro antara 2011 sampai 2014. Ronaldo telah menghindari kewajiban membayar pajak di Spanyol.

Sebelumnya, tudingan yang sama juga berlaku pada Lionell Messi. Bahkan kasus penggelapan pajak di Spanyol bukan menimpa Ronaldo dan Lionel Messi saja. Pemain Barcelona Neymar dan Javier Mascherano juga tersangkut masalah yang sama yakni penggelapan pajak.

Namun, mereka semua memang terbukti salah karena telah melakukan penggelapan pajak di Spanyol. Kasus penggelapan pajak tersebut menyeret mereka ke meja pengadilan, akan tetapi ketiga pemain tersebut telah dibebaskan dari hukuman penjara.

Setelah masuk ke meja hijau, ketiga pemain tersebut bebas dengan syarat mau membayar denda yang telah dijatuhkan Pemerintah Spanyol. Dengan membayar denda penggelapan pajak sebelum-sebelumnya, mereka dibebaskan dari jeratan hokum dan tidak akan menginap di balik jeruji besi.

Apalabila bintang Real Madrid, Ronaldo terbukti salah telah melakukan tindakan penipuan pajak. Bukan tidak mungkin Ia akan memakai cara yang sama dengan pemain-pemain sebelumnya yang sudah terkena kasus dengan membayar denda yang ditentukan oleh Pemerintah Spanyol.