Chelsea Tertarik Boyong Idrissa Gueye, Everton Tertarik Ingin Menahannya

Idrissa Gueye Everton to Chelsea, Idrissa Gueye Everton, to Chelsea, Idrissa Gueye,Everton to Chelsea, Idrissa Gueye to Chelsea, Everton FC, Premier League, Liga Inggris

Idrissa Gueye Everton

Seperti yang diungkapkan oleh Bleacher Report, jawara Premier League 2016-17 sedang mempertimbangkan untuk memboyong pemain gelandang bertahan Everton Idrissa Gueye. Namun dikabarkan Everton pemainnya tersebut tidak akan dijual dengan harga berapa pun bahkan mereka akan menawarkan kontrak baru untuk mencoba dan menahannya di klub.

Gueye, yang kini telah berusia 27tahun, telah memberikan kesan yang mendalam dengan penampilannya yang gigih dan tak kenal lelah selama dua musim terakhir di papan atas Inggris. Sebelumnya Ia bermain membela Lille di liga Prancis dari 2010 hingga 2015 dan direkrut oleh Aston Villa pada awal musim 2015/16. Bisa dibilang Ia merupakan pemain terbaik mereka namun sayang timnya harus berakhir dalam zona degradasi dan masuk ke EFL Championship musim ini.

Meskipun demikian, Ia pun masih bisa tampil di Premier League, karena ia direkrut oleh Everton dengan biaya sekitar 7,5 juta poundsterling. Sang pemain asal Senegal itu tidak menyia-nyiakan waktu untuk membangun dirinya, dan Ia pun tampil sebagai salah satu pemain Ronald Koeman yang paling handal. Ia pun menarik minat dari klub rivalnya seperti Arsenal dan Manchester United .

Staminanya yang seperti tak berujung, kehadiran fisiknya yang kuat, tackling yang tak masuk akal dan kemampuannya untuk mengendus bahaya kearah gawangnya, telah membantunya masuk ke dalam tim utama di Everton dan rutin dimainkan. Dan yang jelas itu semua adalah atribut yang diinginkan Antonio Conte dalam timnya.

Sesuai statistik Squawka, Idrissa memiliki pass completion rate ¬†yang tinggi yaitu sebesar 86%, membuat maksimal berhasi mengumpan dengan bak 49 kali dalam sebuah pertandingan. Kontribusinya dalam pertahanan termasuk 3.12 tackle dan 2,27 blok per game. Angka inilah yang membuatnya dibandingkan dengan N’golo Kante dari Chelsea.

Secara kebetulan, Gueye dan Kante tiba di Inggris pada tahun 2015, hanya saja Gueye ke Aston Villa sedangkan Kante ke Leicester City.

Dengan jadwal The Blues yang padat karena harus kembali bertarung di Liga Champions musim depan, bala bantuan kelas atas tentu akan dibutuhkan di Stamford Bridge. Apalagi Conte akan disibukkan fokusnya dengan kompetisi lainnya seperti FA Cup dan Capital One Cup selain Premier League.

Namun, dengan Lukaku berangkat meninggalkan Goodison Park dan Ross Barkley yang cenderung mengikutinya, Koeman tentu tak kehilangan pemain andalan lagi. Everton yang juga berhasil lolos ke Liga Europa tentu harus mempertahankan pemain terbaik mereka jika mereka ingin membangun musim yang bagus. Jadi Everton pasti akan bertarung untuk tetap bertahan memilikinya menghadapi penawaran Chelsea yang mungkin akan sangat menggiurkan.