Blatter Terancam Kurungan Enam Tahun

Sepp Blatter tentu nama yang tidak asing lagi, beliau adalah seorang mantan Presiden FIFA yang menjabat dengan periode yang sangat lama. Baru-baru ini permohonan banding yang diajukan Sepp Blatter ditolak oleh Pengadilan Arbitrase mengenai tersandungnya Blatter dalam kasus korupsi dan suap-menyuap. Setelah penolakan banding ini maka Sepp Blatter akan menjalani masa hukuman selama 6 tahun lamanya tidak boleh ada pergerakan atau apapun dengan dunia sepakbola.

Blatter Terancam Kurungan Enam Tahun

Putusan 6 tahun ini sudah diringankan karena sebelumnya Sepp Blatter justru dikenakan sanksi 8 tahun lamanya. Pengadilan Arbitrase menilai perubahan dari 8 tahun masa hukuman menjadi 6 tahun masa hukuman merupakan hal yang sudah cukup untuk Sepp Blatter, karena pihak pengadilan tidak melihat adanya penyesalan yang ditunjukan oleh Sepp Blatter.

Diketahui juga Sepp Blatter berteman dekat dengan Platini yaitu seorang pemain legendaris asal Perancis, diketahui bahwa pada tahun 1999 silam Sepp Blatter memberikan 1 juta CHF untuk Platini dilanjutkan dengan pembayaran 2 juta CHF untuk Platini kembali di tahun 2011 silam. Hal ini merupakan pelanggaran kode etik FIFA yang dilakukan oleh Sepp Blatter selaku Presiden FIFA saat itu.

Pemberian hadiah uang tunai ini merupakan pemberian hadiah yang bisa dikategorikan tidak sah dan juga tidak semestinya kepada Michel Platini saat itu, dikarenakan tidak adanya kontrak ataupun perjanjian tertulis yang sah. Sepp Blatter beralasan karena Michel Platini telah memberikan kontribusinya kepada FIFA saat itu dan mengatas namakan Komite Eksekutif FIFA.

Beralih ke sanksi, pengadilan mencatat Sepp Blatter meminta pembatalan sanksi, namun tidak meminta hukuman dikurangi. Dalam hal apapun, pengadilan menyimpulkan bahwa sanksi yang dijatuhkan sudah proporsional dan menolak memberikan banding secara penuh.