Bekuk The Pharoahs, Kamerun Juara Piala Afrika 2017

Pagi dini hari tadi menjadi momen terbaik bagi tim nasional Kamerun, karena baru saja timnas Kamerun keluar sebagai juara di kompetisi Piala Afrika 2017. Dengan menghadapi tim nasional Mesir dengan susah payah Kamerun memenangkan pertandingan final dengan skor sengit 2-1 yang bertempatkan di Stade d’Angondje.

Kamerun sendiri merupakan negara yang dikenal kuat dibidang sepakbola, terbukti dengan gelar juara yang kali ini menjadi yang kelima kalinya bagi Kamerun. Tim nasional Kamerun tercatat sudah mempersembahkan gelar juara Piala Afrika sebanyak 5 kali yang tercatat pada tahun 1984, 1988, 2000, 2002 dan yang baru saja di tahun 2017.

Kamerun yang memang lebih dijagokan keluar sebagai juara itu, justru mendapatkan kesulitan dan banyak tekanan dari pemain timnas Mesir dan yang terburuk justru sempat kecolongan goal terlebih dahulu. Tepatnya goal tersebut terjadi di menit ke-22, lewat pemainnya Mohamed Elneny berhasil membuat The Pharoahs julukan untuk timnas Mesir tersebut unggul hingga babak pertama selesai.

Indomitable Lions atau timnas Kamerun justru baru bisa melakukan perlawanan di babak kedua setelah dipermainkan di babak pertama, dan dibuktikan dengan mencetak goal penyeimbang. Goal tersebut dicetak oleh Nicolas N’Koulou pada menit ke-59 dengan kerjasama yang baik dengan rekannya Benjamin Moukandjo. Tampaknya goal dari Nicolas N’Koulou ini memberikan pukulan keras kepada mental pemain The Pharoahs, terlihat penurunan performa yang begitu berbeda dari sebelumnya oleh para pemain Mesir.

Dan goal ketiga pertandingan terjadi di menit ke-88, goal tersebut dicetak oleh Vincent Aboubakar dan sekaligus mengakhiri pertandingan partai puncak. Keunggulan 2-1 tersebut memastikan Kamerin keluar sebagai juara yang diilatih oleh Hugo Broos, pertandingan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Kamerun berhadapan dengan Mesir di partai puncak Piala Afrika yang sebelumnya terjadi di tahun 1986 dan 2008.