Bayern Munich Terlihat Lebih Rentan Dengan Sven Ulreich Menggantikan Manuel Neuer

Manuel Neuer Sven Ulreich Borussia Dortmund, Manuel Neuer Sven Ulreich, Borussia Dortmund, Manuel Neuer Sven, Ulreich Borussia Dortmund, Manuel Neuer Borussia Dortmund, Sven Ulreich, Bundesliga, liga Jerman

Manuel Neuer – Sven Ulreich

Bayern Munich memiliki tiga pemain yang tidak mampu mereka lepaskan untuk waktu yang lama, sebut saja Robert Lewandowski, Arjen Robben dan Manuel Neuer. Namun jawara Liga Jerman itu akan diguncang oleh kabar kapten mereka sekaligus penjaga gawang andalan, Neuer,yang akan  absen sepanjang sisa tahun setelah menjalani operasi dengan kakinya.

Kapten Bayern mengalami kesengsaraan metatarsal yang terus belanjut dan hal tersebut cukup mengkhawatirkan Bayern yang sedang berusaha meraih gelar keenam Bundesliga secara berturut-turut. Walaupun masih lama, namun mereka kini berada diperingkat kedua klasemen terpaut satu poin dengan rivalnya, Borussia Dortmund.

Neuer kini digantikan oleh Sven Ulreich, dimana ia tampil baru kedelapan kalinya di Bundesliga bersama Bayern saat menghadapi Schalke dipertandingan terakhir mereka. Ia pun mampu menghasilkan serangkaian penyelamatan bagus untuk mempertahankan keunggulan timnya, terutama dari Guido Burgstaller di babak kedua.

Pemain yang berusia 29 tahun memang telah bergabung dengan Bayern Munich dari tahun 2015 lalu dari Stuttgart, namun ketergantungan oleh Neuer membuatnya hanya dimainkan sebanyak 14 pertandingan kompetitif (termasuk kompetisi Super Cup) dan menelan kebobolan 15 gol. Memang dia merupakan kiper cadangan yang layak, namun jelas bukan Neuer. Ulreich tidak memiliki kehadiran dan aura seperti Neuer, belum lagi kemampuan sepak bola yang dimiliki sang kapten seperti keterampilan dengan kakinya. Para penyerang lawan agak sedikit gentar saat menghadapi Neuer, namun, tidak ada faktor ketakutan saat menghadapi Ulreich.

Yang sangat disayangkan saat dia diturunkan di semifinal DFB Pokal musim lalu menggantikan Neuer yang cedera, dia membawa timnya keluar dari komeptisi saat menghadapi Borussia Dortmund dengan skor 3-1. Meski tidak melakukan kesalahan yang mencolok, dia tidak memberikan keamanan untuk para beknya.

Statistik tentu tidak berbohong dan hal tersbut mengindikasikan bahwa Bayern jauh lebih rapuh dan tidak aman dengan adanya Ulreich di belakang mereka walaupun dengan catatan lima kali clean sheet untuk 14 pertandingannya selama tiga musim. Pada musim debutnya di tahun 2015-16 di bawah Pep Guardiola, dia harus menunggu sampai hari terakhir kampanye untuk membuat debut Bundesliga untuk Bayern, itupun sebagai pemain pengganti menghadapi Hanover yang sudah terdegradasi.

Ulreich sempat menderita cedera siku setelah mengisi lima pertandingan Bundesliga musim lalu, yang berarti petenis pilihan veteran ketiga Tom Starke kembali terjun ke pusat perhatian sekali lagi sebelum diam-diam memasuki masa pensiun.

Ada pembicaraan bahwa Starke yang telah berusia 36 tahun mungkin harus melepas sepatunya dan menikmati masa menjelang pensiun, namun ternyata keahliannya  sekali lagi mungkin bisa membantunya. Starke yang populer baru-baru ini mengambil alih posisi sebagai pelatih kiper di akademi baru klub yang baru, namun Carlo Ancelotti mungkin akan menikmati masa depan yang lebih baik bersamanya.

Namun tetap saja pertahanan mereka terlihat keropos tanpa kehadiran Neuer yang tenang dan meyakinkan di belakang mereka – terutama karena mendapat bukti lima kekalahan dalam enam pertandingan pramusim. Bayern kebobolan 14 gol dalam lima kekalahan tersebut, namun Ulreich membantu menghentikan kebobolan saat mgnhadapi Leverkusen, saat Bayern menjalani pertandingan pembukaan Bundesliga. Dia menghasilkan sejumlah reflex save yang baik dan membawa Bayern dalam kemenangan 3-1.

Namun dalam menjalani kompetisi Liga Champions, hal tersebut lebih mengkhawatirkan lagi. Dan tanpa rasa hormat kepada Celtic dan Anderlecht, jawara Jerman itu mungkin akan finis di dua besar grup Liga Champions mereka dengan PSG yang akan menghalangi jalan diperingkat pertama. Namun jika mereka berhasil mencapai tahap ini, kemungkinan besar Neuer akan fit dan kembali pulih, dan melanjutkan perjuangan mereka di babak 16 besar kompetisi tersebut.