Bayern Akan Menurunkan Kiper Veterannya Yang Sudah Pensiun Menghadapi PSG

Tom Starke Bayern Munich, Tom Starke, Bayern Munich. Bundesliga, liga Jerman

Tom Starke Bayern Munich

Belum lama ini UEFA telah memberi Bayern Munich lampu hijau untuk bisa menurunkan kiper veteran mereka yaitu Tom Starke ke dalam skuad mereka dalam kompetisi Liga Champions. Pasalnya saat  ini mereka setelah kehilangan kapten kesebelasan mereka yaitu Manuel Neuer, yang sekaligus menjabat posisi sebagai penjaga gawang karena cedera. Sang kiper tak hanya memiliki cedera yang bisa pulih dalam waktu dekat, dan setidaknya ia sudah siap beraksi setidaknya setelah tahun baru mendatang.

Starke sendiri sebenarnya sudah berusia 36 tahun. Ia pun sudah menjalani masa pensiun pada akhir musim kemarin, namun keahliannya masih dimanfaatkan untuk menjadi koordinator kiper di akademi pemuda Bayern, yang baru diangkat bulan lalu.

Namun, ia sempat membantu Bayern dalam tur ke China dan Singapura pada musim panas lalu, ketika kedua penjaga gawang yang dimiliki oleh Bayern tak bisa diturunkan. Saat itu Neuer yang menjadi pilihan utama dan Sven Ulreich yang menjadi kiper cadangan mereka, harus absen karena cedera.

Neuer sendiri sudah berusia 31 tahun, namun kini ia harus absen lebih lama lagi, padahal ia baru beberapa kali membela klubnya di musim ini. Ia patah tulang kakinya yang ketiga dalam enam bulan terakhir.

Starke awalnya memang tidak terdaftar dalam skuad Liga Champions Bayern. Namun, statemen UEFA menyatakan bahwa “jika sebuah klub tidak dapat mengandalkan jasa, setidaknya dua kiper, yang terdaftar di Daftar A karena cedera atau penyakit jangka panjang [yaitu yang berlangsung 30 hari], klub sementara dapat menggantikannya kapan saja selama musim.”

Meskipun aksinya menghadapi Wolfsburg pada tanggal 23 kemarin pukul 01.30 WIB, Ia tak bisa mempertahankan kemenangan timnya dengan hasil imbang 2-2. Ulreich sekali lagi akan mewakili Neuer melawan Paris Saint-Germain pada hari Kamis besok pukul 01.45 WIB. Untungnya ia akan dibantu oleh dua pemain bertahan andalan Bayern yaitu David Alaba dan Thiago Alcantara dimana keduanya telah berlatih pada hari Senin lalu dan bisa kembali diturunkan dalam laga tersebut.

Pasalnya Alaba telah mengalami cedera pergelangan kaki saat bertugas internasional awal bulan ini, sementara Thiago juga duduk di pertandingan Wolfsburg karena cedera juga. Dengan demikian, kekhawatiran para penggemar Bayern akan sedikit berkurang.