‘Barcelona Memang Kuat, Tapi Juventus Pun Tak Berbeda Jauh’

juventus

Gianluigi Buffon sadar betul bahwa Barcelona bukanlah lawan yang gampang buat Juventus. Namun kiper Juve itu pun optimis kalau perbedaan kualitas mereka dari Blaugrana tak berbeda jauh.

Laga Juve vs Barca bakal tersaji dalam putaran perempatfinal Liga Champions. Bianconeri nantinya bakal menjadi tuan rumah duluan, Rabu (12/4/2017) subuh nanti, ddalam perduelan 2 leg.

Melihat perduelan ini, Juve sejatinya memiliki kenangan buruk dari lawannya ini usai kalah 1-3 dari Barca dalam putaran final musim 2014/2015 silam. Partai itu merupakan pertama kalinya mereka berduel di final Liga Champions lagi usai 2002/2003 silam.

Musim ini Juve pun kembali berhasrat untuk melaju ke final, guna mencoba mengantongi titel juara. Sebab, sedari 1995/1996 lalu, mereka belum pernah lagi mengangkat trofi ini.

Disamping itu, Barca yang menjadi lawannya justru merupakan tim yang sangat berpengalaman di kompeitisi ini. Sedari 2005/2006, tim dari Catalan itu telah membukukan 4 trofi. Mereka hanya pernah sekali gagal di putaran 16 besar dalam masa itu, 2 kali terisisih di perempatfinal, serta 4 kali tersungkur di semifinal.

Di masa yang sama, Juve hanya pernah sekali melaju ke final. Dari 6 langkah lainnya, tim dari Turin itu sempat 2 kali tersisih di putaran 16 besar lalu 2 kali di perempatfinal dan satunya lagi di fase grup.

Walaupun begitu, Buffon yakin bahwa sekarang ini perbedaan mereka dari Barca tak begitu jauh. Perombakan tim di awal musim dengan merekrut Gonzalo Higuain, Miralem Pjanic, Dani Alves, serta Medhi Benatia membuat mereka layak menatap pertandingan denan lebih optimis.

“Kami paham dengan apa yang bakal kami lakukan dalam lapangan dan siapa yang jadi lawan kami. Alhasil, kami telah memiliki analisis terkait siapa lawan kami serta ketangguhan mereka yang kami lawan, ini merupakan sebuah langkah maju yang positif lantaran ini semestinya bukanlah hal yang mengagetkan kami,” ungkap kiper Juve ini di salah satu media.

“Barcelona bisa jadi merupakan tim tersulit untuk digusur dalam 2 leg, lantaran kerap terjadi bahwa Barcelona menang atau kalah, hal itu bergantung dengan mereka sendiri. Mereka merupakan salah satu tim yang amat tangguh, yang mana mereka mampu merajut nasib mereka sendiri jika mereka mau.”

“Alhasil, Anda sadar respek superior yang kami miliki terhadap mereka. Walau begitu, kami pun tak ingin hanya sekadar menjadi pelengkap di perduelan kali ini, kami mau memperlihatkan penampilan dengan keberanian. Ini merupakan peluang yang telah kami peroleh secara pantas dan kami bakal berupaya memperlihatkan yang terbaik,” tutupnya.